Babinsa Musirawas terus maksimalkan ketahanan pangan

id Mayor Inf Aris,Babinsa,bantuan pangan,berita sumsel,berit a palembang,ketahanan pangan

Babinsa Musirawas terus maksimalkan ketahanan pangan

Ratusan Babinsa TNI-AD Kodam II/Sriwijaya . (ANTARA Sumsel/Doly Rosana)

Palembang (Antaranews Sumsel) - Bintara Pembina desa kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, terus memaksimalkan program ketahanan pangan dengan membantu petani.

Upaya mewujudkan target swasembada pangan ?maka Babinsa Koramil 406-06/Tugumulyo Kodim 0406/Mura bersama pemerintah daerah melakukan pendampingan pada petani, kata Kepala Penerangan Korem 044 Garuda Dempo Mayor Inf Aris Barunawan di Palembang, Rabu.

Menurut dia, pendampingan itu penting supaya produksi tiga komoditi padi, jagung dan kedelai meningkat.

Hal itu antara lain yang dilakukan Babinsa Tugu Mulyo, Musirawas mereka melakukan pendampingan kepada petani setempat saat panen padi di dua desa pada Kecamatan Tugumulyo, Musirawas.

Komandan Koramil 406-06/Tugumulyo Kapten Czi Ayub mengatakan, pihaknya memerintahkan Babinsa untuk mendampingi kelompok tani Ande-Ande Lumut Desa Tegalrejo Kecamatan Tugumulyo dengan luas lahan 17,5 hektare dan kelompok tani Karya Bakti Desa Kalibening dengan luas lahan 10 hektare.

Turunnya Babinsa di sawah diharapkan dapat memberikan motivasi dan semangat para petani untuk meningkatkan produktivitas panen padi, kata dia.

Menurut dia, dalam menyukseskan program Swasembada pangan oleh Pemerintah, TNI Angkatan Darat memerintahkan para Babinsa supaya selalu terjun ke lapangan dan berkordinasi dengan PPL dalam menjalankan tugas.

Kesemuanya itu agar kegiatan petani berjalan dengan lancar khususnya program pertanian.

Petugas PPL Desa Tegalrejo Ema Octavia mengatakan, pendampingan petani saat ini penting dilakukan baik PPL maupun Babinsa mengingat banyaknya tanaman padi di Kecamatan Tugumulyo yang memasuki masa panen.

Selain itu usai panen nanti diharapkan lahan segera di olah lagi sehingga sawah para petani tidak lama menganggur.

Memang, lanjut dia, saat ini intensitas curah hujan cukup tinggi sehingga persediaan air sawah sangat mencukupi untuk tanaman padi.

Sehubungan itu PPL dan Babinsa akan terus memberikan pendampingan kepada petani dan berkoordinasi dengan instansi terkait.
(T.U005/S023)