Atlet berprestasi Internasional resmi jadi CPNS Kemenpora

id kemenpora, atlet, berprestasi internasiona, menpora, CPNS, resmi, dilantik

Ilustrasi.Lifter putra kelas 62 kg Indonesia Eko Yuli Irawan (ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo)

Jakarta, (Antaranews Sumsel) - Atlet berprestasi dibeberapa kejuaraan internasional diresmikan menjadi PNS oleh dua menteri yaitu Menpan Asman Abnur dan Menpora Imam Nahrawi di halaman Kantor Kementerian Pemuda (Kemenpora) Jakarta, Rabu.

"Saat ini istilahnya diresmikan. Setelah SK pengangkatan keluar dan dilanjutkan dengan prajabatan selanjutnya dilantik menjadi PNS," kata Menpora Imam Nahrawi usai peresmian atlet berprestasi.

Pada peresmian CPNS khusus ini, beberapa atlet berprestasi juga dihadirkan. Mereka yang hadir mulai yang meraih medali olimpiade, kejuaraan dunia, Asian Games dan Paragames hingga SEA Games dan Paragames sesuai dengan aturan yang ada.

Atlet yang hadir diantaranya atlet angkat besi Eko Yuli, atlet renang I Gede Siman Sudartawa dan Triady Fauzi, atlet wushu Lindswell dan Juwita Niza Wasni serta atlet Paragames yang sukses mengharumkan nama bangsa seperti atlet angkat besar I Nengah Widiasih.

Saat peresmian mereka bergabung dengan PNS atau Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungkungan Kemenpora meski menggunakan seragam yang berbeda. Untuk ASN Kemenpora menggunakan seragam KORPRI sedangkan dari kalangan atlet menggunakan batik.

Menpora usai peresmian juga mengatakan jika pihaknya berterima kasih atas prestasi yang telah diberikan oleh atlet. Dan pengangkatan menjadi PNS merupakan bukti kepedulian pemerintah terhadap atlet berprestasi.

"Ini adalah komitmen besar dari pemerintah terhadap atlet berprestasi. Untuk saat ini yang akan diangkat menjadi PNS adalah peraih medali olimpiade dan kejuaraan dunia, Asian Games dan Paragames hingga medali perak serta medali emas SEA Games dan Paragames 2015 dan 2017," tutur Menpora, menjelaskan.

Terobosan baru ini juga diapresiasi oleh Menpan Asman Abnur. Menurut dia, apa yang dilakukan adalah sebuah komitmen untuk mendukung atlet berprestasi dan merupakan janji yang sebelumnya dicanangkan dengan memberikan formasi khusus untuk atlet berprestasi.

"SK sudah kami siapkan. Yang jelas ini adalah wujud dari janji saya memberikan formasi khusus bagi atlet berprestasi tingkat dunia," ujar Menpan Asman Abnur di sela peresmian atlet berprestasi diangkat jadi CPNS.

Peresmian ini juga disambut dengan senang oleh atlet berprestasi. Seperti yang disampaikan oleh atlet renang, I Gede Siman Sudartawa. Menurut dia, menjadi atlet masa depannya semakin cerah. Pihaknya menyadari jika menjadi atlet masanya tidak lama.

 "Masa depan kami akan lebih terjamin. Dengan seperti ini, jerih payah selama menjadi atlet dihargai oleh pemerintah," katanya saat dikonfirmasi.

Meski sudah diresmikan, proses menjadi PNS masih panjang. Semua atlet harus melengkapi semua persyaratan yang telah ditetapkan. Dan rencananya pengangkatan menjadi CPNS akan keluar per Mei tahun ini. Setelah itu, akan menjalani prajabatan sebelum dilantik menjadi PNS satu tahun berikutnya.
(T.B016/B/C. Hamdani/C. Hamdani)
    

Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar