Wanita Jambi berani ikut lomba panjat pinang

id panjat pinang,wanita panjat pinang,hut jambi,ulang tahun jambi,berita palembang,berita sumsel

Wanita Jambi berani ikut lomba panjat pinang

bu-ibu terlihat berjibaku memanjat batang pinang dalam rangkaian HUT ke-61 Provinsi Jambi di lapangan kantor gubernur Jambi, Minggu (14/1). (ANTARA/Dodi Saputra)

Jambi (Antaranews Sumsel) - Sejumlah peserta wanita, yang sebagian besar ibu rumah tangga berani mengikuti lomba panjat pinang dalam rangka  memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61 Provinsi Jambi  di halaman kantor gubernur Jambi, Minggu.

Sekitar 10 batang pinang setinggi hampir 5-7 itu dipanjat ibu-ibu asal kota itu dengan jumlah tim 5-6 orang untuk satu batang pinang. Sontak saja dari awal memanjat hingga berhasil meraih hadiah di atas, ibu-ibu super itu mencuri perhatian masyarakat lain yang hadir menikmati lomba tersebut.

Dalam lomba panjat batang pinang yang merupakan salah satu rangkaian HUT ke-61 Provinsi Jambi itu, disediakan sebanyak 61 batang dengan hadiah utama disetiap batang adalah sepeda kemudian hadiah menarik lainnya.

Kegiatan tersebut diikuti ribuan warga Jambi dan perwakilan dari kabupaten/kota, tidak hanya panjat pinang aneka kegiatan seperti tarik tambang, lomba balap karung dan lomba menangkap belut dalam rangka hari jadi provinsi itu juga disaksikan ribuan masyarakat mulai dari anak-anak, remaja, pemuda, dewasa, bahkan para orangtua yang memadati lapangan kantor gubernur Jambi.

Puncak peringatan HUT Jambi itu dimulai dengan jalan santai, dengan rute (start) dari lapangan kantor gubernur-depan bundaran air mancur-depan Bank Indonesia-belok kiri sampai ke Museum Siginjai dan finish kembali di lapangan kantor gubernur Jambi.

Selain jalan santai, ada juga pasar tani, yakni pasar yang mempromosikan dan menjual berbagai produk hasil pertanian, terutama sayur mayur dan buah-buahan.

Pasar tani ini diikuti oleh seluruh kabupaten/kota se Provinsi Jambi dan beberapa kelompok tani dan SMK yang berbasis industri pertanian. Dalam pasar tani ini juga dipamerkan tanaman hidroponik, yang akhir-akhir ini semakin terkenal.

Ada juga pasar lelang terpadu komoditi agro edisi Tahun 2018, yang menjual berbagai komoditi Provinsi Jambi, dimana pangsa pasarnya bukan hanya Provinsi Jambi, tetapi juga nasional.

Stand makanan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), dengan berbagai pangan non beras juga tersedia. Di stand ini puluhan pelajar baik putra maupun putri melakukan makan bersama makanan B2SA.

Kemudian diadakan grand prize jalan santai, puluhan hadiah menarik diberikan kepada masyarakat dengan hadiah utama empat paket umroh. Dua orang pemenang paket umroh itu diantaranya yakni guru berprestasi di Jambi.

Selain paket umroh ada juga satu unit sepeda motor, kulkas, beberapa unit sepeda, mesin cuci, kipas angin, setrika, dan berbagai hadiah lainnya.

Selain itu, di Gedung DPRD Provinsi Jambi juga dilaksanakan kegiatan bakti sosial yakni khitanan massal diikuti 62 anak, pemeriksaan kesehatan dan test IVA gratis serta donor darah.

Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan kegiatan-kegiatan yang digelar pemprov tersebut memang menjadi puncak acara untuk masyarakat Jambi dalam rangkaian HUT ke-61 Provinsi Jambi.

"Tadi kita mulai dengan jalan sehat. Ada pasar tani, kemudian ada lelang agro, ada grand prize umroh, ada balap karung, panjat pinang dengan jumlah batang pinang 61 sesuai dengan usia Provinsi Jambi," kata Zola.

Menurutnya warga yang datang pada puncak kegiatan yang dimulai sejak pukul 07.00 WIB itu bukan hanya dari Kota Jambi, tetapi juga dari kabupaten/kota se-Provinsi Jambi.

"Saya berterima kasih kepada masyarakat Jambi yang sudah ramai-ramai datang ke acara ini, mohon doanya dan dukungannya untuk pembangunan Provinsi Jambi. Dan terima kasih kepada semua pihak dan sponsor yang telah berkontribusi untuk acara ini terutama swasta. Intinya adalah kita sama-sama merayakan dan memberikan sesuatu yang positif kepada masyarakat Jambi, insyaAllah tahun depan kita buat konsep yang menarik lagi," kata Zola menambahkan.
(T.KR-DDS/S. Abdullah)