Lelang gula belum selesaikan permasalahan Indonesia

id lelang gula,gula rafinasi,berita palembang,berita sumsel,ekspor gula indonesia,pengamat ekonomi

Lelang gula belum selesaikan permasalahan Indonesia

Stok gula pasir di pedagang . (ANTARA)

Jakarta (Antaranews Sumsel) - Tim peneliti dari Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik Universitas Gadjah Mada (PSEKP UGM) menilai lelang gula kristal rafinasi (GKR) belum tentu bisa menyelesaikan permasalahan di sektor gula.

Kepala tim peneliti PSKEP UGM Tony Prasetiantono, melalui keterangan tertulis diterima di Jakarta,  Minggu, menilai lelang gula ini masih akan menambah biaya yang besar, serta belum tentu mencegah rembesan.

Padahal, lelang gula ini memang ditujukan untuk memberikan kemudahan kepada industri kecil dan menengah (IKM) dalam mendapatkan gula rafinasi, memantau peredaran gula, hingga mencegah adanya rembesan gula rafinasi ke pasar.

Menurut Tony, lelang dan rembesan memiliki biaya yang harus dikeluarkan dengan memperkirakan rembesan sebesar 10 persen dari total gula rafinasi, sehingga perkiraan biayanya sebesar Rp3,6 triliun. Sedangkan biaya lelang bisa lebih daripada itu.

Tony menjelaskan, dengan adanya lelang ini maka ada kemungkinan terjadi pasar oligopoli dengan penjual memiliki nilai tawar yang lebih tinggi dibandingkan konsumen. Dalam lelang tersebut, terdapat 11 produsen dengan konsumen sebanyak 1,6 juta industri makanan minuman baik besar atau kecil.

"Kami bisa pastikan harga akan naik. Kalau harganya naik Rp1.000 per kg, dengan kebutuhan 3,6 juta ton, maka biayanya sebesar Rp3,6 triliun. Sementara akan ada penambahan biaya transaksi atau fee sebesar Rp 1,2 triliun. Bila ditotal menjadi Rp4,8 triliun. Karena itu langkah ini tidak tepat karena benefit tidak lebih besar dari cost," ujar Tony.

Tony melanjutkan, bila lelang ini dilakukan maka industri makanan dan minuman pengguna gula rafinasi harus menanggung beban biaya. Bisa jadi, beban tersebut dialihkan kepada konsumen akhir yakni konsumen makanan minuman.

Tidak hanya itu, berdasarkan penelitian PSKEP UGM, masih banyak IKM yang belum mengetahui cara melakukan lelang ini, lantaran sistem lelang yang dilakukan secara online. Apalagi, IKM belum tentu mampu dan paham mengoperasikan teknologi komputerisasi.

Tim penelitian PSKEP UGM mengemukakan, saat ini terjadi permasalahan di sektor gula mulai dari hulu hingga hilir.

Pada bagian hilir, petani belum bisa memproduksi gula dengan besar lantaran luas lahan yang terbatas, dan saat ini produksi gula menurun lantaran produktivitas serta rendemannya kecil, padahal luas lahan kebun gula terus bertambah.

Pemerintah juga melakukan segmentasi pasar dengan menetapkan produk pabrik gula pemerintah yaitu gula kristal putih (GKP) untuk rumah tangga dan GKR untuk sektor industri. Inilah penyebab rembesan GKR ke pasar ritel untuk sektor industri.

Ada pula segmentasi pabrik gula, yakni pabrik gula milik pemerintah dan milik swasta.

Pabrik milik pemerintah ini dianggap belum efisien karena mesinnya sudah berusia ratusan tahun, sehingga produksinya tergolong kecil dan membutuhkan biaya yang besar. Sementara, usia paling tua mesin pengolahan gula di pabrik gula modern hanya 12 tahun.

Terdapat dualisme di sektor hilir ditandai dengan adanya kebijakan dualisme pasar gula yang diciptakan pemerintah.

Dualisme pasar ini dianggap melindungi industri GKP yang tidak efisien. Perlindungan terhadap industri yang tidak efisien mendorong ekonomi berbiaya tinggi.

Dualisme pasar tidak dapat dipertahankan dengan baik karena rembesan arbitrase harga. Lalu, petani tebu tidak sepenuhnya terlindungi dari komoditas GKR yang rembes, dan rembesan GKR menekan harga petani.
(TZ.A072/B. Budiman)