Emas berjangka naik ke tingkat tertinggi empat bulan

id emas,logam mulia,emas putih,berita palembang,berita sumsel,emas batangan

Emas berjangka naik ke tingkat tertinggi empat bulan

Batangan emas seberat 1 gram disusun di ZLatarna Celje. (ANTARA Sumsel/REUTERS/Srdjan Zivulovic)

Chicago (Antara/Xinhua) - Kontrak emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange naik ke level tertinggi empat bulan pada Kamis (Jumat pagi WIB), karena dolar AS berbalik lebih lemah untuk minggu ini.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Februari, naik 3,2 dolar AS atau 0,17 persen, menjadi ditutup pada 1.322,50 dolar AS per ounce.

Indeks dolar AS yang mengukur mata uang greenback terhadap enam mata uang pesaingnya, turun 0,5 persen menjadi 91,86 pada pukul 19.30 GMT.

Karena sebagian besar harga-harga komoditas dalam dolar AS, pelemahan dalam mata uang AS dapat memberikan dukungan untuk aset-aset seperti emas, meningkatkan daya tarik mereka di antara pembeli yang menggunakan mata uang kuat.

Beberapa faktor juga mendukung harga emas, termasuk penurunan di pasar saham global minggu ini menyusul aksi reli yang spektakuler.

Sedangkan untuk logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Maret turun 6,9 sen atau 0,41 persen, menjadi menetap di 16,966 dolar AS per ounce. Platinum untuk penyerahan April bertambah 12 dolar AS atau 1,23 persen, menjadi ditutup pada 990,8 dolar AS per ounce.
Penerjemah: A. Suhendar