Pemkab Muba maksimalkan program keanekaragaman pangan

id beni, muba, sekayu, pangan, keanekaragaman pangan

Wakil Bupati Muba Beni Hernedi. (Foto Antaranews Sumsel.com)

...Program percepatan penganekaragaman konsumsi pangan terus digalakkan di kabupaten ini untuk mengurangi ketergantungan masyarakat setempat mengkonsumsi beras...
Sekayu, Musi Banyuasin (Antaranews Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan berupaya memaksimalkan program percepatan keanekaragaman konsumsi pangan untuk mengurangi ketergantungan dengan beras seperti yang terjadi selama ini.

"Untuk memaksimalkan program Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) di Bumi Serasan Sekate ini, diperintahkan kepada Organisasi Perangkat Daerah terkait seperti Badan Ketahanan Pangan melakukan berbagai kegiatan yang dapat mendorong masyarakat mengurangi konsumsi beras," kata Wakil Bupati Musi Banyuasin, Beni Hernedi di Sekayu, Kamis.

Menurut dia, program percepatan penganekaragaman konsumsi pangan terus digalakkan di kabupaten ini untuk mengurangi ketergantungan masyarakat setempat mengkonsumsi beras.

"Program P2KP yang telah berjalan dengan baik selama ini akan dimaksimalkan dan diupayakan mendapat dukungan dari semua lapisan masyarakat sehingga bisa membuahkan hasil sesuai dengan target yakni mengurangi ketergantungan konsumsi masyarakat dengan beras," ujarnya.

Dia menjelaskan, beberapa aspek penting yang harus diperhatikan dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan di antaranya adalah aspek legal formal, serta perencanaan antisipasi rawan pangan melalui pencegahan, penyediaan stok pangan dan merumuskan peta konsumsi.

Kemudian diperlukan tiga pilar kinerja ketahanan pangan yang harus dilaksanakan agar terhindar dari kerawanan pangan yakni ketersediaan pangan berkaitan dengan produksi pangan, akses pangan (distribusi dan stabilisasi harga), serta pemanfaatan pangan oleh masyarakat.

Perwujudan ketahanan pangan harus bertumpu pada sumber daya dan kearifan lokal agar dapat menjadi wahana dalam mengembangkan budaya dan peradaban bangsa.

Sementara untuk mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan rumah melalui konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di seluruh wilayah kecamatan dalam Kabupaten Musi Banyuasin ini, pihaknya menggalakkan sosialisasi konsep tersebut, serta penyaluran bantuan bibit dan ternak.

Melalui berbagai upaya tersebut diharapkan pola makan masyarakat lebih beragam, bergizi, seimbang, dan aman serta produksi pangan nasional dapat mengimbangi pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi, kata Beni.

Editor: Yudi Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar