39 pasangan calon kepala daerah ikuti psikotes

id tes kesehatan,pilkada sumsel,pilkada palembang,tes kesehatan calon kepala daerah,Rumah Sakit Muhammad Hoesin,Aspahani,tes narkoba,KPU Sumatera Selatan

39 pasangan calon kepala daerah ikuti psikotes

Puluhan pasangan bakal calon Kepala Daerah Pilkada Sumsel 2018 mengikuti psikotes di Aula RSUP Muhammad Hoesin Palembang. (ANTARA Sumsel/Nova Wahyudi/dol/18)

....Hasilnya hanya dua saja opsinya bilamana memenuhi syarat maka calon tersebut akan mengikuti tahapan selanjutnya....
Palembang (Antaranews Sumsel) - Sebanyak 39 pasangan calon kepala daerah di Sumatera Selatan secara serentak mengikuti psikotes dan tes urine yang dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) di Rumah Sakit Muhammad Hoesin Palembang, Kamis.

Ketua KPU Sumatera Selatan Aspahani di Palembang, Kamis mengatakan, seluruh bakal pasangan calon kepala daerah yang berjumlah 39 pasangan calon atau secara individu sebanyak 78 orang itu mengikuti tes secara serentak bidang psikotes dan tes urine dari BNN.

Sedangkan pada Jumat (12/1) baru serangkaian tes kesehatan yang akan dilakukan oleh tim dokter mulai pagi hari sampai selesai yang dibagi di beberapa tempat.

Hasilnya tim dokter atau Ikatan Dokter Indonesia (IDI) akan memplenokan itu pada 15 Januari 2018 dan 16 Januari 2018 di KPU Sumsel dan KPU kabupaten/kota yang menyelenggarakan pilkada, katanya.

Ia menjelaskan, hasilnya hanya dua saja opsinya bilamana memenuhi syarat maka calon tersebut akan mengikuti  tahapan selanjutnya. Namun bilamana tidak memenuhi syarat dan masih memungkinkan untuk diganti calon yang tidak memenuhi syarat itu.

"Pada hari ini pelaksanaan sudah kita koordinasikan lebih awal dengan IDI,  Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) dan BNN dan secara resmi menunjuk Rumah Sakit Muhammad Hoesin ini sesuai dengan regulasi KPU yaitu rumah sakit tipe A," ujarnya.

Ia menyatakan, sebanyak 78 orang calon itu semuanya hadir untuk mengikuti tes tersebut.

Sedangkan pada Jumat (12/1) sekitar pukul 07.00 WIB akan dilakukan tes kesehatan, karena itu calon kepala daerah harus puasa mulai pukul 20.00 WIB. Para pasangan calon yang mengikuti tes tersebut ada empat pasangan yakni pasangan calon Gubernur Sumsel, lalu tiga pasangan calon bupati Ogan Ilir dan enam pasangan calon bupati Lahat, sehingga tercatat dalam sehari sebanyak 26 orang.

Selanjutnya pada 13 Januari yaitu empat pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Palembang, tiga pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Lubuklinggau dan enam pasangan calon wali kota Pagaralam.

Kemudian pada 14 Januari 2018 yang mengikuti tes kesehatan empat pasangan calon bupati Muaraenim, kemudian tiga pasangan calon bupati Empat Lawang dan lima pasangan calon bupati Banyuasin serta satu pasangan calon wali kota Prabumulih.