Bangka Belitng akan tertibkan tambang ilega

id tambang liar,penertiban tamabang liar,tambang timah ilegal,berita palembang,berita sumsel,Erzaldi Rosman Djohan,gubernur babel

Bangka Belitng akan tertibkan tambang ilega

Ilustrasi - Pekerja menyemprotkan air untuk pencucian timah di kawasan tambang terbuka Pemali, Bangka. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Pangkalpinang (Antaranews Sumsel) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan meminta aparatur segera menertibkan aktivitas tambang timah ilegal yang merusak kawasan hutan lindung di daerah itu.

"Kami berharap Polri, TNI, Polhut, dan Satpol PP segera menertibkan dan menindak tegas penambang timah ilegal di kawasan hutan lindung," kata Erzaldi Rosman Djohan saat rapat koordinasi penertiban penambangan ilegal kawasan hutan lindung di Pangkalpinang, Rabu.

Ia menjelaskan penertiban tambang-tambang ikonvensional ilegal akan lebih difokuskan di kawasan wilayah hutan lindung dan bekas penambangan PT Kobatin.

"Kami sudah menyosialisasikan dan mengeluarkan peringatan bagi penambang untuk tidak menambang di kawasan hutan lindung, Kobatin, wisata dan kawasan lainnya," ujarnya.

Erzaldi mengatakan untuk menertibkan tambang-tambang ilegal di darat dan laut ini,  pemprov telah membentuk tim gabungan terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, Polisi Hutan dan organisasi masyarakat.

"Saya berharap tim ini untuk meningkatkan koordinasi, bersinergi dalam menertibkan tambang-tambang ilegal yang meresahkan masyarakat," katanya.

Selain itu, tambang ilegal ini juga memperparah kerusakan lingkungan yang memicu terjadi bencana alam seperti banjir, kekeringan dan lainnya.

"Kita tidak ingin lingkungan hutan bertambah rusak, karena tambang ilegal ini," ujarnya.

Ia mengimbau masyarakat yang menambang di kawasan hutan lindung, bekas penambangan PT Kobatin untuk menghentikan aktivitas penambangan, demi masa depan anak cucu kita semua," katanya.         (T.A065/N. Yuliastuti)