Kenaikan permukaan air sungai Rhine lebih cepat dari perkiraan

id Sungai Rhine,permukaan air sungai,penanganan banjir,berita sumsel,berita palembang,sungai di jerman

Kenaikan permukaan air sungai Rhine lebih cepat dari perkiraan

Sungai Rhine di Jerman

Berlin, Jerman (Antara/Xinhua-OANA) - Permukaan air Sungai Rhine di Jerman naik "lebih cepat daripada perkiraan", kata kantor berita DPA pada Sabtu (6/1), dengan mengutip keterangan juru bicara lembaga penanganan banjir.

Air sungai tersebut sudah menjebol tanggulnya di beberapa lokasi di bagian hulu, dan permukaan air diperkirakan terus naik sampai Ahad sore.

Di Cologne, permukaan air sungai diperkirakan mencapai sembilan meter sampai Senin, 70 centimeter di atas tanda bahwa kondisii kritis bagi lalu-lintas kapal.

"Permukaan air Sungai Rhine naik tiga centimeter per jam, lebih cepat daripada perkiraan," kata Henning Werker dari lembaga penanganan banjir seetmpat.

Lalu-lintas kapal telah dikurangi secara tajam di Sungai Rhine di Negara Bagian North-Rhine Westphali, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Ahad. Kapal penumpang dan kapal yang bermuatan penuh telah bergerak ke pelabuhan yang aman, sementara pembatasan kapal cepat juga diberlakukan.

Hujan lebat dan salju yang mencair telah mengakibatkan banjir dan tanah longsor di seluruh Jerman Selatan selama beberapa hari belakangan.

Permukaan air di sungai besar lain di Jerman Selatan, Danube, juga berada pada tingkat kritis pada awal akhir pekan, kata kantor berita Jerman, DPA.

Di beberapa bagian wilayah Lower Bavaria, permukaan air sungi mencapai tingkat peringatan tertinggi kedua, 3. Banyak rumah serta harta lain terendam air.

Lalu-lintas kapal dihentikan di Sungai Moselle dan beberapa bagian Sungai Neckar pada awal pekan.

Topandi perkirakan juga menerjang beberapa bagian Jerman dalam beberapa hari ke depan, dan hujan yang tak terlalu lebat diperkirakan mulai Ahad, kata dinas cuaca nasional.
Penerjemah: C003