Pasang laut Sungailiat lebih dua meter

id ombak,bmkg,ombak tinggi di bangka,berita palembang,berita sumsel,cuaca sumsel,ombak laut bangka

Pasang laut Sungailiat lebih dua meter

Ilustrasi Gelombang tinggi (ANTARA FOTO/Rahmad)

Pangkalpinang (Antaranews Sumsel) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memprakirakan ketinggian pasang air laut di pesisir pantai Sungailiat, Kabupaten Bangka, berpotensi mencapai dua meter lebih pada Minggu (7/1).

"Ketinggian pasang air laut di Sungailiat diprakirakan dapat mencapai 2,37 meter dan harus di waspadai," ujar prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Anggun Rahmania, Sabtu.

Selain di Sungailiat, ketinggian pasang air laut melebihi dua meter juga dapat terjadi di pesisir pantai Membalong Kabupaten Belitung yang mencapai 2,22 meter.

Sementara itu, ketinggian pasang air laut di pesisir pantai Toboali Kabupaten Bangka Selatan diperkirakan sekitar 1,70 meter, di Mentok Kabupaten Bangka Barat 1,60 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,64 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,50 meter, dan di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur sekitar 1,45 meter.

"Pasang air laut setinggi itu dinilai dapat membahayakan keselamatan, karenanya warga ataupun wisatawan diimbau agar tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," kata Anggun.

Pada kesempatan itu BMKG Kota Pangkalpinang juga memprakirakan ketinggian gelombang di perairan dan jalur-jalur penyeberangan hanya berkisar antara 0,0 sampai 1,25 meter dan relatif aman.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan antara 0,0 sampai 0,5 meter, di Selat Gelasa dan Utara Bangka 0,5 sampai 0,75 meter, di Selatan Bangka 0,5 sampai 1,0 meter, sedangkan di Selat Karimata antara 0,5 sampai 1,25 meter.

"Namun demikian kami tetap mengimbau para pengguna jasa angkutan laut serta nelayan tradisional agar waspada selama berada di perairan karena ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan," katanya.

BMKG juga mengimbau agar masyarakat mewaspadai potensi awan petir (awan Cumulonimbus) yang dapat menyebabkan ketinggian gelombang bertambah.

Sementara itu kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar antara 8 hingga 39 kilometer per jam yang bergerak dari Timur ke Selatan, dari Selatan ke Barat, dari Barat ke Timur Laut, dan dari Barat Daya ke Barat Laut.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sendiri sepanjang Minggu diprakirakan cerah berawan, berawan, dan berawan tebal dengan peluang terjadi hujan lokal dan hujan ringan serta hujan sedang hingga lebat disertai petir di beberapa wilayah terutama pada siang sampai sore hari.

Hujan lokal dan hujan ringan berpeluang terjadi hampir di sebagian besar wilayah Kepulauan Bangka Belitung pada siang sampai sore hari.

Sedangkan hujan sedang hingga lebat yang disertai petir berpeluang terjadi di wilayah Kabupaten Bangka, Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka Tengah, dan Belitung terutama pada siang sampai sore hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 10 sampai 20 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 31 derajat Celcius dan kelembaban udara 65 hingga 100 persen.
(T.KR-DSD/H. Zainudin)