Penumpang Merak menyeberang ke Sumatera mencapai 637.530 orang

id merak,pelabuhan merak,penumpang kapal,jumlah penyebrang kapal,berita palembang,berita sumsel

Penumpang Merak menyeberang ke Sumatera mencapai 637.530 orang

Arsip- Suasana antrean kendaraan di Pelabuhan Merak yang akan diseberangkan ke Pulau Sumatera. (ANTARA)

Merak (Antaranews Sumsel) - Penumpang di Pelabuhan Merak yang menyeberang menuju Pulau Sumatera sejak 18 Desember 2017 sampai 2 Januari 2018 mencapai 637.530 orang.

"Semua penumpang itu terlayani dengan baik," kata Manager Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Ado Warsono saat dihubungi di Merak, Rabu.

PT ASDP Indonesia Ferry pada angkutan mudik Natal sampai arus balik liburan Tahun Baru 2018 memfokuskan pelayanan dan keselamatan penumpang.

Pelayanan itu merupakan komitmen agar masyarakat dapat melaksanakan perayaan Natal dan Tahun Baru bersama anggota keluarga di kampung halaman dengan selamat.

Mereka petugas bekerja keras mulai pengaturan lalu lintas, operator pelabuhan hingga penyeberangan.

Penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung pada arus mudik Natal dan arus balik Tahun Baru berlangsung lancar.

Bahkan, kondisi Pelabuhan Merak hingga kini tidak terjadi antrean kendaraan maupun penumpukan penumpang.

PT ASDP Merak mengoperasikan kapal "roll on roll of" atau Ro-Ro sebanyak 32 armada dengan penyeberangan pulang pergi 120 trip.

Begitu juga kegiatan bongkar muat dipercepat yang sebelumnya 60 menit menjadi 30 menit.

Pihaknya juga mengoptimalkan enam dermaga Pelabuhan Merak sehingga bisa melayani ribuan kendaraan.

"Kami mengapresiasi kualitas pelayanan penyeberangan Merak-Bakauheni pada angkutan Natal dan Tahun Baru 2018 lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Keberhasilan itu tidak lepas seluruh penumpang dapat mentaati peraturan," katanya menjelaskan.

Ado mengatakan, jumlah penumpang mudik Natal dan Tahun Baru mulai 18 Desember 2017 sampai 2 Januari 2018 mencapai 637.530 orang dan terdiri dari penumpang pejalan kaki sebanyak 136.225 orang dan penumpang di atas kendaraan 501.305 orang.

Sedangkan, kendaraan roda 2 sebanyak 27.161 unit, roda 4 tercatat 62.824 unit, Bus 4.893 dan Truk 30.038 orang.

"Kami terus meningkatkan kualitas pelayanan guna memberikan pelayanan prima agar masyarakat sebagai pengguna jasa penyeberangan merasa puas hingga sampai tujuan dengan lancar dan selamat," katanya.

Berdasarkan pantauan, Rabu, menunjukan penumpang pejalan kaki dan penumpang di atas kendaraan di Pelabuhan Merak tampak lancar dan tidak terlihat berdesakan dibandingkan dua hari lalu.

Begitu juga kendaraan di enam dermaga berjalan lancar masuk ke atas kapal yang bersandar di Pelabuhan Merak untuk diseberangkan menuju Pulau Sumatera.

"Kami sangat lega setelah tiba di Pelabuhan Merak bisa langsung naik ke atas kapal yang bersandar di dermaga tiga Pelabuhan Merak tanpa antrean panjang," kata Memed (50) warga Bandarlampung.
(KR-MSR/Sambas)