Wisata susur muara untuk pencinta alam

id Wisata susur muara,objek wisata sungai,menyusuri sungai,berita palembang,berita sumsel

Wisata susur muara untuk pencinta alam

Dokumentasi- Saat Lomba Perahu Hias,. (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/dol)

Bantul (Antaranews Sumsel) - Kelompok sadar wisata Laguna Depok, Pantai Depok, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menawarkan wisata susur muara sungai kawasan objek wisata itu dengan perahu bagi wisatawan yang berkunjung ke Laguna Depok.

"Jadi setelah kami mendapat bantuan sebuah perahu dari Dinas Pariwisata, perahu ini akan kami gunakan untuk pengunjung wisata Laguna Depok dalam melakukan perjalanan ke muara," kata Ketua Pokdarwis Laguna Depok Tanto Hadi Purnomo di Bantul, Sabtu.

Menurut dia, trip atau perjalanan dengan perahu wisata yang ditawarkan wisatawan Laguna Depok adalah ke muara sungai Opak yang ada di sisi barat Laguna menuju Jembatan Kretek yang kemudian dilanjutkan ke kawasan wisata Pesona Pengklik.

Ia mengatakan, sebelum mendapat bantuan perahu dari Dinas Pariwisata beberapa waktu lalu, Pokdarwis juga sudah mengelola dua perahu yang berasal dari swadaya masyarakat, namun dari segi tampilan dan ukuran beda dengan perahu bantuan.

"Ini perahu baru, sebetulnya sudah ada dua perahu swasdaya masyarakat yang kita beli untuk peningkatan kunjungan wisatawan di Laguna Depok, dan kita ajukan proposal dikasih perahu wisata, makanya kita gunakan untuk wisatawan," katanya.

Wisata Laguna Depok yang berada di sisi barat Pantai Depok yang dikenal dengan kuliner ikan ini beru berkembang sejak beberapa bulan terakhir, itu karena laguna sebelumnya sering dimanfaatkan untuk lokasi festival perahu naga.

Namun demikian, kata Tanto, meski baru beberapa bulan berkembang, animo wisatawan yang berkunjung ke kawasan Laguna Depok terus menunjukkan peningkatan, sehingga peluang itu ditangkan Pokdarwis untuk memajukan pariwisatanya.

"Jumlah pengunjung Laguna Depok sudah lumayan banyak, per hari kita menerima pengunjung sekitar 30 sampai 50 orang per Sabtu-Minggunya, itu dalam jangka waktu Juni sampai bulan kemarin (November), dan terus meningkat," katanya.

Ia mengatakan, wisata susur muara dengan perahu wisata ditawarkan dengan harga Rp10 ribu per orang, namun demikian, dalam mengangkut wisatawan dengan perahu ada minimal yaitu berjumlah lima orang atau sebesar Rp50 ribu, dan selebihnya dihitung per orang.