PLN Binjai jaga keandalan listrik tahun baru

id pln,listrik, tahun baru,berita palembang

PLN Binjai jaga keandalan listrik tahun baru

Petugas memeriksa panel di Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi PLN (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf/Ang/ama)

Medan (Antaranews Sumsel) - PLN Area Binjai mengerahkan seluruh kekuatan untuk menjaga keandalan sistem penyaluran tenaga listrik pada malam Natal 2017 dan perayaan Tahun Baru 2018.

Manajer PLN Area Binjai Lelan Hasibuan di Medan, Minggu, mengatakan sampai saat ini, sebenarnya pasokan daya cukup untuk memenuhi kebutuhan energi listrik saat perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Meski demikian, pihaknya tetap melakukan berbagai langkah yang dibutuhkan untuk meningkatkan keandalan distribusi.

Sebagai langkah awal, pihaknya telah melakukan pemeliharaan preventif pada Jaringan Tegangan Menengah (JTM), Jaringan Tegangan Rendah (JTR) dan Gardu-gardu Distribusi.

Setelah itu, PLN Area Binjai juga mem-backup sistem kelistrikan dengan menyiapkan 12 genset bergerak pada tempat tempat ibadah yang menjadi konsentrasi masyarakat dan lokasi perayaan tahun baru.

Kemudian, PLN Area Binjai akan menerapkan SOP khusus dan menyiagakan empat Unit Gardu Bergerak (UGB) dan sejumlah UPS untuk percepatan bila terjadi gangguan di lapangan.

Demikian juga dengan penyiagaan satu tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) yang mampu bekerja meski instalasi memiliki aliran listrik.

Jika terjadi gangguan atau keluhan, pihaknya membentuk 14 posko siaga yang siaga 24 jam di 13 unit rayon dan kantor area untuk mempermudah masyarakat dalam menyampaikan pelaporan.

Posko tersebut bukan hanya melayani keluhan di Area Binjai, namun juga melayani pelanggan di Kabupaten Langkat, Deliserdang, Dairi, Pakpak Bharat dan Karo.

Dengan berbagai persiapan tersebut, diharapkan tidak ada masalah ketersediaan pasokan listrik pada malam Natal dan pergantian tahun di wilayah kerja PLN Area Binjai.
(I023/B/A. Salim)