Komunitas di OKU giatkan kegiatan taman baca

id baca, taman baca,Komunitas Sriwijaya Membaca,berita palembang,berita sumsel

Komunitas di OKU giatkan kegiatan taman baca

Dokumentasi- Sejumlah siswa memilih buku yang tersedia di mobil perpustakaan keliling. (Antaranews sumsel.com/Feny Selly)

Baturaja (Antaranews Sumsel) - Komunitas Sriwijaya Membaca Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, menggiatkan taman bacaan guna menumbuhkan minat baca bagi masyarakat di wilayah itu.

"Taman bacaan ini sebagai kontribusi kami dalam menumbuhkan minat baca bagi masyarakat di Kota Baturaja," kata Wakil Ketua Komunitas Sriwijaya Membaca Baturaja (KSMB) OKU Syakirin Edo Lugan di Baturaja, Jumat.

Dia mengungkapkan, pihaknya membuat kagiatan taman baca dadakan digelar dibeberapa titik kawasan kabupaten setempat salah satunya digelar di Taman Kota Baturaja.

"Taman baca ini kami buka setiap Selasa, Sabtu dan Minggu sore dengan membuka stand buku-buku bacaan, buku gambar, serta buku pelajaran untuk dibaca secara gratis," katanya.

Menurut dia, kegiatan yang dilakukan sejak enam bulan terkahir tersebut bertujuan untuk menumbuhkan minat baca bagi masyarakat khususnya anak-anak dan remaja di wilayah itu.

"Kami juga mensiasati membuat lomba mengambar saat membuka taman baca dadakan guna menumbuhkan minat membaca bagi anak anak," kata dia.

Bahkan kata dia, KSMB OKU menargetkan akan menyalurkan bantuan buku keperluan belajar lainnya ke sejumlah sekolah daerah terpencil di Kabupaten OKU.

Program yang diberi nama Sriwijaya Membaca Go To School (SMGTS) tersebut, kata dia, dengan mendatangi sejumlah Sekolah Dasar (SD) di daerah terpencil untuk disalurkan bantuan buku, pakaian dan keperluan belajar lainnya.

"Bahan bantuan ini sumbangan para donatur mulai dari kalangan masyarakat umum,? pelajar dan pegawai negeri di OKU yang menyumbangkan buku bekas masih layak dibaca," jelasnya.

Dia berharap,?pemerintah daerah setempat dapat memberikan kontribusi mendukung kegiatan tersebut guna menumbuhkan minat baca masyarakat di Kabupaten OKU.

"Visi dan misi dari founder pusat di Palembang itu tidak lain untuk mencerdaskan anak bangsa terutama bagi siswa sekolah dasar daerah terpencil termasuk di OKU ini," ujarnya.
(KR-EDO//H005)