Tim Indonesia raih perak di olimpiade robot

id olimpiade robot, berita palembang,Riza Muhida PhD,medali perak

Tim Indonesia raih perak di olimpiade robot

Olimpiade Robot Internasional Kontingen Indonesia berfoto bersama seusai meraih prestasi pada ajang Olimpiade Robot Internasional di Qinhuangdao, Provinsi Hebei, China, Kamis (21/12). Foto: KBRI Beijing (T.M038/B/B. Budiman/B. Budiman

Beijing (Antaranews Sumsel) - Tim Indonesia yang diperkuat 13 siswa SMA Negeri 28 Jakarta dan SMA Al Azhar 19 Jakarta berhasil meraih medali perak dari ajang Olimpiade Robot Internasional di Qinhuangdao, Provinsi Hebei, China.  

Dalam kompetisi "Public Safety and Security" yang digelar pada 14-21 Desember 2017 itu, Tim Merah-Putih meraih medali perak untuk kategori "Robot in Movie" dan penghargaan "Technical Award" untuk kategori "Creative Team".

"Kami bangga anak-anak bisa membawa Merah Putih berjaya di dunia internasional," kata Wakil Ketua Komite Robot Indonesia Riza Muhida PhD, di Beijing, Jumat.

Menurut staf pengajar Jurusan Teknik Komputer Universitas Bandarlampung itu, para siswa tampil penuh semangat dan percaya diri.

Olimpiade tersebut pertama kali digelar pada 1999 di Seoul, Korea Selatan yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan intelektual generasi muda di bidang ilmu dan teknologi, mengembangkan talenta generasi muda yang memilki ketertarikan di bidang robotik, dan memperkenalkan kecanggihan robot kepada kalangan masyarakat luas.

"Dengan berpartisipasi aktif pada ajang kompetisi robot ini, generasi muda Indonesia diharapkan dapat mengasah kreativitas dalam   menciptakan suatu karya teknologi robot sesuai tuntutan zaman dan sekaligus membangun jaringan sosial dengan generasi muda dari berbagai negara," kata Riza.

Pada ajang tersebut, Indonesia bersaing dengan Jerman, Korea Selatan, Malaysia, Thailand, Filipina, Singapura, Arab Saudi, dan negara-negara di kawasan Asia Tengah dan Amerika Latin.

Sebelum pulang ke Tanah Air, tim robotik Indonesia berkesempatan berkunjung ke Kedutaan Besar RI di Beijing.
(M038/B.Budiman)