Longsor Masih Mengancam Sumsel

id longsor, gempa, cuaca ekstrem, penanggulangan bencan, benca sumsel, banjir sumsel, tanah longsor sumsel

Longsor Masih Mengancam Sumsel

Dokumentasi- Longsor di OKU Selatan. (ANTARA Sumsel/17/ist/Edo Purmana)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Tanah longsor masih mengancam wilayah Sumatera Selatan pada musim hujan sekarang ini karena daerah ini banyak titik rawan bencana alam.

Pelaksan Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumatera Selatan Iriansyah di Palembang, Selasa mengatakan, daerah ini rawan terhadap bencana longsor pada musim hujan, seperti di Desa Cukonau dan Sadau Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan beberapa waktu lalu terjadi longsor dan banjir sehingga mengakibatkan lima korban meninggal.

Longsor tersebut diakibatkan hujan berkepanjangan sehingga masyarakat diimbau perlu berhati-hati dan waspada terutama di dataran tinggi, serta banjir yang wilayahnya dialiri sungai, kata dia.

Menurut dia, dalam mengantisipasi bencana itu pihaknya siaga terutama di daerah rawan longsor dan banjir, dengan menyiapkan alat berat.

Namun yang lebih penting lagi BPBD Sumsel rutin melaksanakan koordinasi dengan kabupaten dan kota dalam mengantisipasi bencana alam, ujar dia.

"Koordinasi cukup penting mengingat perkembangan dan suasana daerah lebih diketahui daerah masing- masing," ujar dia.

Pihaknya juga selalu minta BMKG setempat untuk melaporkan perkembangan cuaca supaya dapat diketahui kemungkinan terjadinya bencana, tambah dia.