PLN Nyalakan Listrik 24 Jam Selat Nasik

id listrik, lampu, penerangan, pln, Pulau Selat Nasik, Kabupaten Belitung, penggunaan listrik, tarif listrik

PLN Nyalakan Listrik 24 Jam Selat Nasik

Dokumentasi- Lampu jalan yang menyala disiang hari. (ANTARA SUmsel/Nova Wahyudi/dol/17)

Pangkalpinang (ANTARA Sumsel) - PLN Wilayah Bangka Belitung telah berhasil menyalakan listrik 24 jam di Pulau Selat Nasik, Kabupaten Belitung setelah mengoperasikan pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) kapasitas 6x200 kW di daerah itu.

"Sebelumnya pulau yang terletak di sekitar 50 km sebelah Barat Kota Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung itu hanya menikmati listrik selama 12 jam dengan kapasitas 390 kW. Dengan penambahan mesin tersebut, kini kapasitas pembangkit di pulau tersebut sebesar 1.195 kW," kata General Manager PLN Wilayah Bangka Belitung, Susiana Mutia, di Pangkalpinang, Sabtu.

Kapasitas tersebut dapat melistriki sebanyak 2.162 pelanggan dengan didukung infrastruktur kelistrikan lainnya meliputi saluran udara tegangan menengah (SUTM) sepanjang 18,720 kms, saluran kabel tegangan menengah (SKTM) sepanjang 0,1 kms, saluran udara tegangan rendah (SUTR) 11,670 kms dan 10 unit gardu PLN.

"Peningkatan kapasitas pembangkit di pulau-pulau ini sangat penting mengingat Bangka Belitung adalah provinsi kepulauan yang sulit bagi sebuah sistem untuk menyatukan kesemua pulau yang ada menjadi satu kesatuan sistem kelistrikan," ujarnya.

Oleh sebab itu, khusus untuk pulau-pulau kecil yang ada di sekeliling pulau besar, yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung, maka dibuatlah sistem kelistrikan isolated dimana satu pulau di bangun pembangkit dan jaringan tersendiri dengan kapasitas tertentu untuk mendukung beban di pulau tersebut.

"Untuk menerangi pulau yang sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan tersebut, kami harus membawa material dan alat dengan menempuh 60 menit perjalanan darat dan 30 menit perjalanan laut," katanya.

Ia mengatakan, sebelum ada listrik, nelayan mengalami kendala dalam membangun cold storage untuk mengawetkan ikan hasil tangkapan.

"Dengan beroperasinya PLTD ini pasokan listrik di kedua pulau tersebut menjadi lebih andal dengan kualitas yang lebih baik, kami harap investor tidak perlu ragu membangun cold storage sehingga produktivitas ikan dapat ditingkatkan. Hal ini sejalan dengan program kerja Dinas Kelauatan dan Perikanan Prov. Kepulauan Bangka Belitung," ujarnya.

Sebelumnya PLN telah melistriki daerah kepulaun lain di Bangka Belitung antara lain PLTD Pulau Sumedang 3X100 KW, PLTD Pulau Buku Limau 4X100 KW, PLTD Seliu 3X100 KW, PLTD Pulau Nangka 2X100 KW, PLTD Merawang 2X1.000 KW, PLTD Belinyu 6X1.000 KW, PLTD Toboali 7X1.000 KW, PLTD Manggar 3X1.000, PLTD Selat Nasik 6X200 KW dan PLTD Pulau Gresik 4X100 KW.

"Biaya investasi untuk PLTD Kepulauan yang terdiri atas 48 engine tersebar tersebut sebesar Rp94 miliar, di mana kapasitas engine bervariasi dari 100kW, 200kW dan 1.000kW," katanya.