Gempa berkekuatan 6,7 SR guncang Sukabumi

id gempa sukabumi, suka bumi dilanda gempa 6,7 sr, gempa, bmkg, tsunami

Gempa dan Tsunami (ANTARA Sumsel/BMKG)

Sukabumi  (ANTARA Sumsel) - Gempa berkekuatan 6,7 skala Richter (SR) mengguncang wilayah Sukabumi, Jawa Barat, dan sekitarnya pada Jumat (15/12) malam, yang menyebabkan warga panik dan berhamburan keluar rumah.

"Saat gempa terjadi saya sedang nonton televisi, awalnya ada gempa tapi rasanya tidak terlalu kencang tetapi getaran gempa yang kedua terasa lebih kencang dan durasinya lama," kata Dina Nurlela, warga Kampung Benteng Kidul, Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Sabtu dini hari.

Informasi yang dihimpun dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa pertama terjadi pada Jumat (15/12) pukul 23.04 WIB dengan kekuatan 4,5 SR yang berlokasi di 7,29 Lintang Selatan (LS), 106,69 Bujur Timur (BT) atau 48 km Barat Daya Kota Sukabumi dengan kedalaman pusat gempa 50 km.

Kemudian disusul gempa cukup kuat berdurasi sekitar satu menit terjadi pada pukul 23.47 WIB dengan kekuatan 6,7 SR yang berlokasi di 8,08 LS, 108,038 BT dengan kedalaman pusat gempa 68 km.

Bahkan informasi yang diterima gempa ini juga berbarengan dengan beberapa wilayah di Jabar lainnya seperti di Garut serta Jawa Tengah dan DIY dengan kekuatan 7,3 SR.

Hingga saat ini belum ada laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota dan Kabupaten Sukabumi kerusakan akibat gempa yang berpotensi terjadinya gelombang tsunami ini.
    





Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar