PLN Selesaikan pembangunan infrastruktur listrik perdesaan

id listrik, listrik masuk desa, penerangan desa, Eko Prihandana, pln, Eko Prihandana

PLN Selesaikan pembangunan infrastruktur listrik perdesaan

Dokumentasi- petugas PLN membuat jaringan listrik untuk penerangan di permukiman penduduk (ANTARA)

Pangkalpinang (ANTARA Sumsel) - PLN Wilayah Bangka Belitung berhasil menyelesaikan pembangunan listrik perdesaan sebanyak 1.700 pelanggan.

Manajer PLN Area Bangka Eko Prihandana melalui pesan tertulis yang diterima di Pangkalpinang, Jumat, mengatakan pembangunan yang dapat melistriki 35 desa/dusun itu didukung dengan 27 unit gardu kapasitas 1.350 kVA, jaringan tegangan menengah sepanjang 35,17 kilometer sirkuit (kms) dan 30,69 kms jaringan tegangan rendah.

"Saat ini rasio desa berlistrik di Bangka Belitung sudah mencapai 100 persen. PLN Babel saat ini ingin menjangkau yang lebih jauh lagi yakni dusun-dusun yang berada di pulau terpencil maupun yang lokasinya jauh dari jaringan PLN masih belum seluruhnya terlistriki," katanya.

Meskipun begitu, PLN menargetnya semua dusun dapat terlistriki pada 2019. Sebanyak 1.443 pelanggan akan dilistriki di tahun 2018 dan 379 pelanggan pada 2019.

"Program ini bertujuan untuk pemerataan pembangunan dan demi terwujudnya program Indonesia terang," katanya.

Untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik di kawasan Belinyu serta mendorong investasi sekitarnya, PLN juga akan membangun pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) kapasitas 6x1.000 kW yang saat ini sedang dalam tahap konstruksi.

Proses pekerjaan yang dimulai sejak Maret 2017 ini dapat berhasil berkat koordinasi yang baik dengan stakeholder terkait.

"Kami berterima kasih atas kerja sama, dukungan dan koordinasi yang baik dengan dinas energi dan sumberdaya mineral, bupati, camat, kades dan masyarakat," katanya.

Sementara Ketua Mushola Dusun Lepang Pasir, Ali Alwi menjelaskan kondisi sebelum dan sesudah ada listrik pedesaan.

"Sebelum ada listrik, kami susah untuk kehidupan sehari-hari, khususnya pada malam hari untuk kegiatan belajar mengajar dan mengaji. Kemudian banyak pengeluaran untuk BBM genset. Setelah ada listrik, anak-anak menjadi lebih semangat dan antusias belajar serta dapat lebih hemat," ujarnya.

Bupati Bangka Tarmizi menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada PLN atas pembangunan listrik perdesaan tersebut.

"Terima kasih untuk PLN, adanya listrik diharapkan dapat mendorong kegiatan masyarakat. Ada listrik semua kegiatan dapat dilaksanakan," katanya.