Musi Banyuasin Galakkan Penanaman Pohon

id pohon, penanaman pohon, muba galakkan penanaman pohon, bupati muba, tanaman hijau, dodi alex, kawasan hijau

Dokumentasi - Kawasan Hijau Benteng Anna (ANTARA/Ferri Arianto)

Musi Banyuasin, Sumsel (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, menggalakkan penanaman pohon di lingkungan permukiman, perkantoran, dan kawasan hutan yang mengalami kerusakan akibat kebakaran hutan dan penebangan liar.

"Penanaman pohon yang telah berjalan selama ini akan lebih digalakkan pada 2018 sehingga bisa menjadikan daerah sebagai kabupaten hijau ," kata Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex, di Sekayu, Rabu.

Menurut dia, dalam upaya menjadikan daerah ini sebagai kabupaten hijau, masyarakat diajak menanam pohon di setiap kecamatan hingga kawasan hutan di pelosok desa.

Untuk menggalakkan kegiatan menanam pohon itu, pihaknya telah membuat aturan yang mewajibkan setiap kecamatan menanam 1.000 pohon dengan jenis berbeda.

Pohon yang diwajibkan ditanam masyarakat merupakan pohon yang tidak hanya berfungsi sebagai pelindung dan penghijauan, tetapi juga bisa memberikan manfaat seperti pohon buah-buahan yang hasilnya bisa dipetik dan dinikmati oleh masyarakat yang menanamnya.

"Kami berharap dengan program menanam 1.000 pohon setiap kecamatan mampu menambah dan menjadikan Bumi Serasan Sekate ini sebagai kabupaten hijau dan penghasil buah-buahan terbesar di provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota itu," ujarnya.

Dia menjelaskan, untuk membantu masyarakat menanam pohon, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Musi Banyuasin diimbau untuk meningkatkan program bantuan bibit pohon buah-buahan.

Selain itu diharapkan pula partisipasi dari perusahaan yang beroperasi di wilayah kabupaten ini untuk membantu menyediakan bibit pohon dan aktif melakukan kegiatan menanam pohon bersama masyarakat di sekitar lingkungan permukiman penduduk serta perkantoran instansi pemerintah dan swasta, kata Bupati.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar