Papua Juara Piala Pertiwi 2017

id piala pertiwi, tim sepakbola putri papua juara piala pertiwi, sepakbola wanita, tim putri papua, putri papua kalahkan kalbar

Kesebelasan Papua ketika melawan Bali pada Piala Pertiwi di Palembang, Rabu (6/12) (ANTARA Sumsel/7/Dolly Rosana/i016)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Tim sepak bola putri Papua menjuarai turnamen terbuka Piala Pertiwi setelah pada final mengalahkan Kalimantan Barat dengan skor akhir 2-1 di Stadion Bumi Sriwijaya, Rabu sore.

Kemenangan ini semakin mengukuhkan Papua sebagai juara bertahan untuk tiga kali penyelenggaraan Piala Pertiwi yakni tahun 2010, 2014 dan 2017.

Gol kemenangan Papua dicetak oleh Rulin pada menit 14 dan Yudith di menit 43. Sedangkan gol Kalbar dilesakan oleh Syenida dimenit 13.

Pelatih Papua, Samuel Weya mengakui dengan menjadi juara ketiga kalinya ini tidak lepas dari rutinnya kompetisi lokal yang diadakan di Papua.

Selain itu, skuad timnya saat ini terdiri atas 60 persen pemain Timnas sepak bola wanita. Oleh karena itu, saat tiga pemain cedera di partai final menjadi tidak terlalu masalah karena memiliki amunisi pemain mumpuni yang cukup banyak.

"Tim Papua yang ikut dari Tolikara, dan kemarin juara juga. Kita satu tahun sekali ada kompetisi, untuk skuad sendiri kita merata umurnya mulai dari 16 tahun sampai 32 tahun," kata Samuel.

Sementara, Pelatih Kalbar, Sofie Imam mengatakan meski sebatas meraih perak namun hasil ini sudah maksimal mengingat masa persiapan hanya satu bulan.

"Dengan menjadi runner up kami membuktikan bahwa sepak bola Kalbar terutama wanita sudah tampil dan menjadi salah satu kekuatan di kancah Indonesia, hampir pemain kita memiliki spirit bertanding dan tak mau kalah itulah kunci kesuksesan Kalbar," katanya.

Ketua Tim Pencari Bakat Timnas Wanita, Danurwindo mengatakan di ajang Piala Pertiwi ini dijaring sejumlah pemain yang akan memperkuat Timnas berlaga di Piala AFF U-16, AFF senior dan Asian Games 2018.

"Selain dari pemain di Pertiwi Cup, nanti kita seleksi juga cari dari daerah lain. Artinya dengan hadirnya turnamen maka untuk mempersiapkan timnas sedikit terbantu, fokus kedepan juga diharapkan adanya kompetisi resmi," kata dia.

Sementara itu, Komite Eksekutif PSSI sekaligus legenda sepak bola wanita Indonesia, Papat Yunisal mengatakan khusus untuk dua ajang internasional yakni Asian Games dan AFF akan digelar pemusatan latihan nasional di Palembang pada Februari 2018.

"Saat ini sudah ada 40 pemain yang masuk daftar kami, nanti akan diseleksi lagi karena ada daerah-daerah yang tidak ikut Piala Pertiwi juga mengirimkan satu hingga dua pemain untuk diseleksi. Setelah tim terbentuk nanti akan uji coba ke Singapura, Timur Leste dan Thailand," kata dia.

Papat mengatakan untuk Asian Games mendatang, PSSI menargetkan tim putri bisa menembus peringkat empat besar.

Piala Pertiwi diiikuti 12 provinsi yang menempatkan Papua dan Kalimantan Barat sebagai juara pertama dan kedua, sementara untuk juara ketiga diraih Tim Bangka Belitung.

Pada kompetisi ini, PSSI juga memutuskan untuk Tim Fair Play yakni Sumatera Selatan, Top Skor diraih Rani Mulyasari asal Babel dengan mengoleksi 8 gol, dan pemain terbaik yakni Yudith Herlina Sada dari Tim Papua.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar