Pemkot Maksimalkan Pemanfaatan Sungai Musi

id pemkot palembang, sekda kota, pemanfaatan sungai musi, maksimalkan sungai musi, sungai musi, ikan air tawar

Potensi perikanan Sungai Musi (ANTARA Sumsel)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan berupaya memaksimalkan pemanfaatan Sungai Musi untuk meningkatkan produksi ikan air tawar dan mengurangi ketergantungan bahan pangan hewani itu.

Untuk memaksimalkan pemanfaatan potensi perikanan perairan umum itu, warga kota setempat diimbau untuk menjaga kelestarian sungai dan mengembangkan budidaya ikan, kata Sekda Palembang Harobin Mustafa, di Palembang, Selasa.

Menurut dia, pemanfaatan Sungai Musi yang membelah kota menjadi dua bagian yakni Seberang Ilir dan Seberang Ulu itu perlu dimaksimalkan sehingga dapat mendongkrak produksi ikan. 

Kebutuhan ikan warga Bumi Sriwijaya ini sebagian masih tergantung dari sejumlah daerah sekitar seperti Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, dan Kabupaten Banyuasin.

Berdasarkan data pasokan ikan ke Pasar Induk Jakabaring Palembang, setiap hari sekitar 15 ton ikan didatangkan dari sejumlah daerah tersebut. 

Jika potensi perikanan perairan umum yang ada di kota ini bisa dikelola secara maksimal, bisa melepsakan ketergantungan pasokan ikan dari beberapa daerah tersebut bahkan bisa memenuhi kebutuhan daerah lain di dalam maupun luar wilayah Sumatera Selatan, katanya.

Dia menjelaskan, Kota Palembang berpotensi meningkatkan produksi ikan, selain memiliki Sungai Musi juga terdapat banyak lahan rawa.

Melihat kondisi wilayah yang sangat mendukung untuk meningkatkan produksi ikan air tawar, berbagai upaya untuk memotivasi masyarakat memanfaatkan potensi daerah tersebut akan terus digalakkan, kata Sekda.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar