Harga Bawang Dan Cabai Naik Di Palembang

id harga cabai dan bawang naik, cabai, bawang merah, pasar tradisional, pedagang cabai dan bawang

Dokumentasi - Pedagang bawang merah. (FOTO ANTARA/M Agung Rajasa)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Harga bawang dan cabai merah di sejumlah pasar tradisional di Kota Palembang, Sumatera Selatan menjelang akhir 2017 bergerak naik dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

"Bawang merah saat ini dijual pedagang dengan harga Rp30.000 per kilogram, padahal pada November 2017 diperdagangkan pada posisi harga Rp20.000/kg, sedangkan harga cabai merah Rp40.000/kg naik sebesar Rp15.000/kg dari sebelumnya," kata Donan pedagang bawang dan sayuran di Pasar Plaju Palembang, Selasa.

Dia menjelaskan, harga bawang dan cabai merah tersebut diprediksi akan terus mengalami kenaikan, mengingat pada bulan ini pasokan barang tersebut mengalami penurunan akibat cuaca buruk/hujan diserta angin kencang yang menghambat kegiatan distribusi dan merusak tanaman.

Pasokan bawang dan cabai merah dari sentra produksi dalam dan luar wilayah Sumsel menurun sementara permintaan cenderung mengalami peningkatan, sehingga memicu harga bergerak naik sesuai dengan hukum ekonomi ketika terjadi peningkatan permintaan masyarakat harga akan terdorong naik, katanya.

Sementara menurut Salma pedagang yang biasa berjualan di Pasar Sekip Ujung, harga bawang merah sekarang ini mulai bergerak naik namun masih cukup wajar, yakni berkisar Rp30.000-Rp35.000/kg.

Selain bawang merah, menjelang akhir tahun ini terjadi pula kenaikan haga cabai merah, yakni mencapai Rp40.000/kg, dari sebelumnya hanya Rp25.000/kg.

Kenaikan harga bawang dan cabai merah berpengaruh terhadap penjualan, pelanggan yang biasa membeli dalam jumlah banyak untuk persediaan di rumah dalam jangka waktu lebih dari sepekan kini mengurangi pembelian dengan harapan harga segera turun pada posisi semula, kata pedagang itu
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar