Puskesmas Daerah Rawan Bencana Buka 24 Jam

id puskesmas siaga 24 jam, puskesmas, siaga bencana alam, tanah longsor, banjir, bpbd sumsel, iriansyah

Puskesmas Daerah Rawan Bencana Buka 24 Jam

Dokumentasi - Warga Desa Cukohnau dan Desa Sadau Jaya Kecamatan Sungai Are Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumsel, membersihkan longsor akibat tingginya curah hujan pada Kamis (9/11) (ANTARA Sumsel/17/ist/Edo Purmana)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pukesmas di daerah rawan bencana akan buka selama 24 jam untuk mengantisipasi dan membantu evakuasi bila terjadi bencana alam tanah longsor dan banjir.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumsel Iriansyah di Palembang, Selasa mengatakan, berdasarkan hasil rapat koordinasi bahwa dinas kesehatan akan menyiagakan petugas dan Puskesmas.

"Puskesmas yang berada di daerah yang rawan longsor dan banjir akan selalu buka 24 jam," ujar dia.

Hal itu untuk berjaga-jaga dan bila ada korban yang akan dievakuasi dapat segera dirawat. Fasilitas dan petugas kesehatan sangat dibutuhkan dalam menolong bila terjadi korban akibat bencana.

Sehubungan itu semua instansi terkait telah menyiapkan diri atau siaga terutama daerah rawan bencana.

Menurut dia, pada musim hujan saat ini bisa saja terjadi bencana longsor dan banjir sehingga masyarakat diimbau agar selalu waspada.

Dia mencontohkan, beberapa waktu lalu terjadi longsor di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dan itu akibat hujan lebat yang intensitasnya cukup tinggi.

Yang jelas pihaknya selalu berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah kabupaten dan kota dalam mengantisipasi bencana, ujar dia.

Sebelumnya Danrem 044 Garuda Dempo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo kepada wartawan mengatakan, prajurit dalam jajarannya juga selalu siaga untuk membantu bila terjadi bencana.

Begitu juga bintara pembina desa disiagakan terutama di daerah rawan longsor dan banjir bila terjadi bencana, tambah dia.