Azzahra pecahkan rekornas 200 meter gaya ganti

id Azzahra Permatahani, atlet renang, rekor renang, renang gaya ganti

Azzahra pecahkan rekornas 200 meter gaya ganti

Azzahra Permatahani. (koniriau.org)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Rekor Nasional gaya ganti 200 meter perorangan putri terpecahkan dalam turnamen uji coba (test event) Asian Games 2018 akuatik yang bertajuk CIMB Niaga Indonesia Open Aquatic Championship 2017.

Azzahra Permatahani dari Klub Belibis Pekanbaru berhasil melakukan pemecahan rekor nasional gaya ganti 200 meter perorangan putri, tepat ketika turnamen uji coba tersebut memasuki hari keenam yang mempertandingkan cabang renang dan polo air, di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu.

Azzahra mampu membuat rekornas baru di kolam yang baru direnovasi ini, setelah mampu keluar sebagai yang tercepat di nomor tersebut dengan menorehkan catatan waktu 2 menit 17,42 detik, lebih cepat dari rekor nasional sebelumnya yang dipegang oleh Ressa Kanya Dewi (2 menit 17,46 detik).

Raihan Azzahra tersebut cukup untuk mentasbihkannya sebagai juara mengungguli Lee Doryun dari Korea Selatan di tempat kedua (2.18,33) dan Adinda Larasati yang membela Klub Hiu Surabaya (2.21,54).

Adapun di nomor lainnya, I Gede Siman Sudartawa yang membela Klub Millennium Jakarta juga tampil perkasa melibas lawan-lawannya di nomor 100 meter gaya punggung putra.

Siman yang juga peraih emas pada SEA Games 2017, melesat menjadi yang tercepat dengan mencatatkan waktu 56,19 detik, membungkam Ricky Anggawijaya dari ESC Bandung di tempat kedua dengan perolehan waktu 57,53 detik serta Dwiki Anugrah dari Pari Sakti Jakarta dengan catatan waktu 58,07 detik di tempat ketiga.

Pada nomor 400 meter gaya bebas putra, Aflah Fadlan Prawira dari Klub Aquarius Bandung berhasil mengantongi emas setelah mampu menjadi yang tercepat di antara tujuh peserta lainnya, dengan catatan waktu 3 menit 57,46 detik mengalahkan Putra M Randa dari Klub Millennium Jakarta (4.02,95) di posisi dua dan Park Jaehun dari Korea Selatan (4.05,02) di tempat ketiga.

Nomor 100 meter gaya punggung putri jadi milik perenang Korea Selatan Lee Yunjung yang mencatatkan waktu tercepat (1 menit 02,98 detik), lebih cepat dari perenang Petrokimia Gresik, Nurul Fajar Fitriyati yang harus puas mengantongi perak (1.04,51 detik) serta AA Istri Kania Ratih dari Millenium Jakarta (1.05,79 detik) yang meraih perunggu.

Nomor 400 meter gaya bebas putri juga menjadi milik perenang Korea Selatan Han Dakyung yang berhasil menyabet emas dengan menjadi yang tercepat (4.22,63), mengalahkan wakil Singapura, Liew Chantal (4.29,56) yang memperoleh perak dan peraih perunggu Prada Hanan Farmadini dari Klub Aquarius Bandung hanya kalah 0,10 detik dari posisi dua.

Di nomor 200 meter gaya ganti putra, Kim Minsuk asal Korea Selatan berhasil meraih emas dengan catatan 2 menit 04,54 detik yang mengalahkan Aflah Fadlan Prawira asal Aquarius Bandung yang meraih perak, dan perunggu yang diraih oleh Muh Hamgari asal Suryanaga Surabaya.

Saat bersamaan kejuaraan nasional polo air juga memasuki hari pertamanya. Tim polo air putri Sumatera Selatan tampil perkasa saat menghadapi Sulawesi Selatan. Tim besutan Anugrah Widi tersebut menang telak 24-8.

Kemenangan juga diraih tim putri Jawa Barat yang menghadapi Jambi, setelah pemain Jawa Barat Ivy Nernie yang menyumbangkan enam gol, dan Upiet Sarimanah dengan lima gol, memastikan kemenangan untuk Jawa Barat dengan skor akhir 23 melawan 1.

Dewi Fortuna belum juga berpihak pada tim putri Jambi ketika melawan DKI Jakarta. Jambi yang dilatih Mulyadi harus kebobolan 28 gol, dan hanya membalas dua gol.

Pada laga terakhir yang mempertemukan tim putri Jawa Barat kontra Sulawesi Selatan, berakhir dengan kemenangan Jawa Barat yang tampil mengesankan dengan kemenangan telak 26-1.***4***