Gol Giroud selamatkan Arsenal dari kekalahan

id Olivier Giroud, pemain sepak bola, arsenal, liga inggris, Southampton, meriam london

Gol Giroud selamatkan Arsenal dari kekalahan

Penyerang Arsenal Olivier Giroud (kiri). (www.premierleague.com)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Olivier Giroud mencetak gol di ujung babak kedua untuk menyelamatkan Arsenal dari kekalahan atas Southampton pada pertandingan Liga Inggris pekan ke-16 yang berakhir dengan skor seri 1-1 di Stadion St Mary's, Minggu.

Arsenal sempat tertinggal 0-1 dari Southampton berkat gol Charlie Austin hingga menit 88 sebelum striker timnas Prancis itu menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Hasil imbang ini membuat Arsenal naik satu tingkat ke posisi lima klasemen sementara Liga Inggris dengan perolehan 29 poin, menyamai poin Liverpool yang berada di urutan keempat. Sedangkan Southampton juga naik ke urutan 10 dengan 18 poin.

Pada jalannya laga, Arsenal memulai pertandingan dengan melancarkan serangan dari sayap kiri melalui pergerakan Alexis Sanchez.

Namun justru Southampton yang unggul duluan saat kesalahan Per Mertesacker dimanfaatkan Dusan Tadic untuk mengumpan kepada Charlie Austin yang tidak membuang peluang itu dengan menaklukkan Petr Cech pada menit 3.

Barisan pertahanan Arsenal seolah tertidur saat Southampton nyaris menggandakan kedudukan dari umpan Tadic kepada Austin. Beruntung sepakan mendatar itu mampu dihentikan Petr Cech pada menit 5.

Kiper tuan rumah, Forster, menghentikan sepakan mendatar Ramsey dari umpan Sanchez. Skor 1-0 menutup babak pertama.

Southampton tidak bertahan di babak kedua. Pasukan Mauricio Pellegrino itu hampir menggandakan kedudukan jika sepakan Romeu tidak menghantam mistar gawang Arsenal pada menit 62.

Arsene Wenger pun mengubah taktik dengan menarik Per Mertesacker dan Lacazette kemudian memainkan Danny Welbeck dan Olivier Giroud.

Pergantian pemain itu membuahkan hasil karena Olivier Giroud yang merangsek ke kotak penalti mencetak gol sundulan dari umpan silang Sanchez saat pertandingan menyisakan waktu dua menit.

Arsenal memiliki peluang terakhir dari umpan Kolasinac kepada Ramsey, namun skor 1-1 bertahan hingga laga usai demikian Skysports.

Susunan pemain:

Southampton:
Forster, Stephens, Van Dijk, Yoshida, Redmond, Romeu, Ward-Prowse, Hojbjerg, Redmond, Tadic, Austin
Cadangan: McCarty, Hoedt, Davis, Lemina, Boufal, Gabbiadini, Pied

Arsenal: Cech, Mertesacker, Koscielny, Monreal, Bellerin, Ramsey, Xhaka, Kolasinac, Ozil, Sanchez, Lacazette
Cadangan: Ospina, Wilshere, Giroud, Iwobi, Welbeck, Maitland-Niles, Coquelin