INASGOC bangun gairah masyarakat sambut Asian Games

id inasgooc, erick tohir, garirahkan masyarakat, agsf, sambut asian games

Panitia penyelenggara Asian Games XVIII Jakarta-Palembang (INASGOC) menggelar "Asian Games Sport Festival" (AGSF) guna menggairahkan masyarakat menyambut pesta olahraga akbar Asia itu pada 2018. (ANTARA Sumsel/17/ist)

....Oleh karena itu mengajak para kaum muda untuk terlibat. Ini momen sejarah loh, kata Erick....
Palembang (ANTARA Sumsel) - Panitia penyelenggara Asian Games XVIII Jakarta-Palembang (INASGOC) menggelar secara beruntun "Asian Games Sport Festifal" (AGSF) guna menggairahkan masyarakat di dua kota berbeda itu menyambut pesta olahraga akbar Asia itu pada 2018.

"Ini sekaligus menebarkan semangat agar masyarakat di dua kota utama tersebut menyambut Asian Games 2018 dan menjadi tuan rumah yang baik," ujar Ketua Pelaksana Asian Games 2018, Erick Tohir.

AGSF identity Jakarta digelar, Sabtu (9/12/2017) yang terpusat di Musium Fatahillah, sedangkan AGSF identity Palembang berlangsung Minggu (10/12) di halaman depan Kantor Gubernur Sumatera Selatan, Palembang.

Erick Tohir menjelaskan setelah momen countdown setahun menuju Asian Games, Agustus lalu, kini masyarakat Jakarta dan Palembang, khususnya, perlu lebih bergairah dan antusias dalam menyambut pesta olahraga bangsa Asia itu, sebab ajang Asian Games Sports Festival ini pas untuk mengajak sekaligus mensosialisasikan ke masyarakat agar mereka juga mengetahui bahwa negara atau kotanya menjadi penyelenggara.

"Oleh karena itu mengajak para kaum muda untuk terlibat. Ini momen sejarah loh," ujar Erick.

Sementara itu Deputi Promosi dan Marketing Asian Games Nirmala Dewi, tujuan diadakan kegiatan ini juga tak lain agar demam Asian Games semakin terasa dan masyarakat Palembang semakin semangat untuk mempersiapkan diri sebagai tuan rumah 2018,” ungkapnya di Palembang, Minggu.

Sementara itu Francis Wanandi sebagai Deputi II Inasgoc mengatakan acara locfest ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi Asian Games, ia berharap adanya kegiatan ini menjadi hiburan mendidik bagi masyarakat.

"Locvest ini bukan hanya sebagai ajang promosi Asian Games akan tetapi diharapkan kegiatan ini dapat menjadi hiburan yang mendidik bagi semua masyarakat yang mengikuti kegiatan ini," ujarnya

Dalam AGSF itu digelar banyak booth yang mengundang partisipasi dan minat pengunjung. Mulai dari permainan games dalam virtual reality games, pameran alat dan aksi olahraga, kompetisi basket 3x3 yang merupakan disiplin baru dan akan dipertandingkan saat Games Time.
 Kemudian pertunjukan musik. Untuk pentas di Palembang, dimeriahkan oleh artis ibukota yakni pesinetron Vanesa Anggel, Penyanyi dangdut Ike Nurjanah dan juga jebolan Indonesia Idol Husein, serta meet and greet bersama Sriwijaya FC.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemprov Sumsel Akhmad Najib mengatakan, festival lokal ini dilakukan sebagai sosialisasi untuk mendengungkan penyelenggaraan Asian Games 2018 kepada masyarakat mengingat penyelenggaraannya sudah semakin dekat. 

"Kami berharap masyarakat untuk ikut berpartisipasi terhadap penyelenggaraan ini," katanya.

Menurutnya, banyak sekali dampak dari penyelenggaraan Asian Games ini bukan hanya olahraga saja tetapi juga dapat menumbuhkan perekonomian, infrastruktur dan diharapkan dapat mengubah perilaku masyarakat Palembang menjadi perilaku internasional.

Dengan begitu, para tamu yang hadir dari beberapa negara dapat nyaman dan aman saat ke Kota Palembang. 

"Kita semuanya harus mengejarnya jangan sampai tertinggal oleh negara lain," tutupnya. (rel/I016)


Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar