Pemkot Palembang upayakan seluruh Puskesmas terakreditasi

id pemkot palembang, puskesmas, akreditasi puskesmas, sekda, sekda kota palembang, harobin mustafa

Pelayanan kesehatan masyarakat (Puskesmas) (ANTARA Sumsel/Feny Selly/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan mengupayakan seluruh puskesmas mendapatkan akreditasi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Sekarang 11 puskesmas dalam proses akreditasi, pada 2018 akan dilanjutkan 10 puskesmas lagi," kata Sekda Palembang Harobin Mastofa, di Palembang, Sabtu.

Dia mendorong Dinas Kesehatan Kota Palembang secara bertahap meningkatkan kualitas 40 pusat kesehatan masyarakat yang tersebar di 18 kecamatan.

Puskesmas yang memungkinkan diajukan akreditasiny akan didorong untuk mengikiti program akreditasi pada tahun depan.

Selain mempersiapkan akreditasi, untuk meningkatkan kualitas fasilitas pelayanan kesehatan tigkat pertama itu, diminta jajaran Dinkes bisa lebih maksimal menerapkan sistem manajemen mutu pengelolaan puskesmas berstandar ISO (International Standart Organization), kata Sekda.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang dr Letizia menambahkan, pihaknya secara bertahap melakukan peningkatkan kualitas pelayanan puskesmas dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya dengan menerapkan ISO dan sertifikasi.

Dengan kualitas yang baik dan memenuhi standar internasional, diharapkan tenaga medis di puskesmas dapat menangani masalah gangguan kesehatan yang tergolong ringan secara maksimal.

Secara umum pelayanan kesehatan di Palembang sudah cukup baik, masyarakat yang membutuhkan penanganan medis hingga tingkat sedang cukup di puskesmas saja.

Beberapa tahun lalu, masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan sebagian besar harus ke rumah sakit umum daerah atau dirujuk ke rumah sakit umum pusat (RSUP) dr Mohammad Hoesin Palembang, namun sekarang banyak yang bisa ditangani tim medis di puskesmas.

Selain meningkatkan kualitas pelayanan, pihaknya juga berupaya meningkatkan jam operasionalnya, hingga Desember 2017 ini ada beberapa puskesmas yang berada di daerah strategis buka 24 jam, kata Kadinkes. 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar