Tim walet Polres OKU buru pelaku pungli

id tim walet polres oku, memburu pelaku pungli, kapolres oku, polres, pungli di jalan, AKBP NK Widayana Sulandari,

Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU), AKBP NK Widayana Sulandari (ANTARA Sumsel/17/ist/Edo Purmana/I016)

Baturaja  (ANTARA Sumsel) - Tim walet Polres Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, memburu pelaku pungutuan liar kerap beraksi di sejumlah ruas jalan lintas di wilayah itu yang meresahkan pengendara pengguna jalan.

"Tim walet dari personel Sabhara ini disiagakan untuk menangkap pelaku pungutan liar (pungli) disejumlah ruas jalan di Kabupaten OKU," kata Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU) AKBP NK Widayana Sulandari, melalui Kasat Sabhara AKP Bakri Redi Cahyono di Baturaja, Kamis.

Menurut Kasat, tim walet ditugaskan untuk siaga dan melakukan patroli disejumlah kawasan yang berpotensi menjadi lokasi pungli seperti di jalan cor beton Kelurahan Batu Kuning Kecamatan Baturaja karena banyak dilintasi kendaraan angkutan berat.

"Sebab yang sering menjadi sasaran pungli didominan kendaraan angkutan berat seperti truk dan fuso," katanya.

Dia mengatakan, patroli fokus dilakukan anggota mulai dari persimpangan Markas Polres OKU hingga simpang Desa Kurup Kecamatan Lubuk Batang khususnya disejumlah titik jalan rusak.

Kondisi jalan rusak dan sepi karena jauh dari permukiman penduduk tersebut, kata Kasat, biasanya dimanfaatkan oleh pelaku untuk dijadikan lokasi pungli meminta sejumlah uang kepada sopir kendaraan yang melintas.

"Kerusakan jalan menghambat laju kendaraan yang dimanfaatkan pelaku untuk melakukan pungli. Untuk itu kita melakukan patroli serta penjagaan khususnya saat malam hari," ujarnya.

Kasat menambahkan, patroli juga dilakukan anggota Polres OKU di sepanjang Jalan Lintas Sumatera hingga menuju perbatasan Kabupaten OKU Selatan seperti di Kecamatan Sosoh Buay Rayap dan Lengkiti.

Patroli yang dilakukan oleh anggota secara berkala selama 24 jam tersebut dengan melibatkan jajaran petugas polsek di kecamatan setempat.

"Untuk wilayah pengawasan? jarak jangkauannya lumayan jauh kita berkoordinasi dengan polsek dalam melakukan pemantauan. Patroli ini juga kami menemui sejumlah sopir yang berhenti di rumah makan guna mendapatkan informasi lokasi yang sering terjadi pungli," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar