Pemain asing Sriwijaya FC wajib tes kesehatan

id Sriwijaya FC, Rasiman, tes kesehatan, pemain sfc, Pelatih fisik, Makan Konate, Mahamadou Ndiaye, Manuchekhr Dzalilov

Pemain asing Sriwijaya FC wajib tes kesehatan

Pemain SFC mengikuti latihan perdana bersama Sriwijaya FC di Stadion Madya Bumi Sriwijaya Palembang.(ANTARA Sumsel/Nova Wahyudi/dol/17) ()

Palembang (ANTARA Sumsel) - Seluruh pemain asing Sriwijaya FC wajib mengikuti tes kesehatan untuk memastikan kesiapan mengikuti kompetisi musim 2018.

Pelatih fisik Sriwijaya FC Rasiman di Palembang, Rabu, mengatakan, hal ini juga berlaku terhadap tiga pemain asing anyar tim yakni Makan Konate (Mali), Mahamadou Ndiaye (Timnas Mali), dan Manuchekhr Dzalilov (Timnas Tarjikistan).

"Tidak ada pemain asing yang datang ke sini langsung latihan. Akan dirampungkan dulu medical check up-nya, baik melalui laboratorium maupun tes faal orthopedi," kata Rasiman yang diwawancarai seusai sesi latihan sore di Stadion Bumi.

Ia mengatakan proses ini sangat penting untuk mengetahui sejauh mana kebugaran pemain.

"Kami kan tidak tahu, apakah pemain ini ada masalah di tubuhnya, ataukah ada virus yang di darahnya. Untuk memastikan ini semua harus dicek kesehatan," ujar dia.

Asisten pelatih Rahmad Darmawan ini menilai tes kesehatan ini sama sekali tidak boleh dikesampingkan bahkan proses perburuan pemain itu finalisasinya berada pada periode ini.

Khusus untuk pemain asing, hal ini sangatlah mutlak karena dua hal yang menjadi kerugian jika tim merekrut pemain tak bugar.

"Pertama, ruginya besar jika tidak dimainkan karena kontraknya tinggi. Kedua, ketika sudah didaftarkan maka tidak bisa digantikan pemain lain jika terdapat persoalan misalkan cedera parah," kata dia.

Untuk itu, jajaran manajemen sangat peduli dengan fase ini karena ingin memproteksi Sriwijaya FC dari pemain-pemain yang justru tidak dapat diturunkan karena persoalan kesehatan, ujar Rasiman.

Berkaca pada kejadian musim lalu, Sriwijaya FC merekrut beberapa pemain yang tidak dapat diturunkan karena mengalami cedera parah.

Pemain itu diantaranya, Ahmad Maulana dan Bio Pauline. Untuk Bio, manajemen klub melakukan blunder dengan mengontrak tanpa melakukan tes kesehatan terlebih dahulu.