Kapolres: Tim satgas pantau rantai distribusi sembako

id AKBP NK Widayana, Kapolres oku, distribusi sembako, satgas pangan, pengamasan distribusi sembako

Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU), AKBP NK Widayana Sulandari (ANTARA Sumsel/17/ist/Edo Purmana/I016)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Kapolres Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, AKBP NK Widayana Sulandari memastikan tim satgas akan memantau rantai distribusi sembako di wilayah itu guna mengantisipasi terjadi lonjakan harga menjelang Natal dan tahun baru 2018.

"Tim satuan tugas (satgas) sudah ada untuk mengawasi distribusi pangan di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU)," kata Kapolres di Baturaja, Kamis.

Kapolres mengatakan, sesuai arahan Kapolri beberapa waktu lalu, tim satgas akan memantau harga sejumlah bahan pangan dan sembako yang berpotensi mengalami lonjakan menjelang Natal dan tahun baru.

Dia menjelaskan, pemantauan tersebut dilakukan di sejumlah pusat perbelanjaan di wilayah itu agar tidak terjadi lonjakan harga serta penimbunan sembako oleh oknum pedagang atau pun pengusaha demi meraup keuntungan yang lebih besar.

Sebab, kata Kapolres, menjelang perayaan Natal dan tahun baru nanti diprediksi akan terjadi lonjakan harga sembako serta pangan lainnya yang dilakukan oknum pedagang di wilayah itu.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya akan fokus pada pengawasan rantai distribusi, stok, hingga harga pangan agar tidak ada penimbunan yang berdampak pada kenaikan harga tersebut.

"Kita akan memantau harga pangan mulai dari supermarket, pasar tradisional hingga ke distributor. Jika terjadi penimbunan atau ada permainan harga maka akan kami tindak tegas," katanya.

Menurut Kapolres, untuk sementara ini harga sembako di sejumlah pasar tradisional dan pusat perbelanjaan lainnya di Kabupaten OKU masih stabil menjelang akhir tahun.

"Kita berharap harga sembako tetap stabil hingga menjelang bulan puasa pada pertengahan 2018 nanti," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar