Sumsel prioritaskan tiga sasaran gas rumah kaca

id gas rumah kaca, emisi gas kaca, World Agroforestry Centrevvv, ICRAF, penurunan emisi, pencegahan kebakaran hutan

Sumsel prioritaskan tiga sasaran gas rumah kaca

Dokumentasi- Bangunan dan tata kota yang ramah lingkungan memiliki peran besar dalam pengurangan emisi gas rumah kaca. (ANTARA/Yudhi Mahatma )

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memprioritaskan tiga sasaran utama dalam rencana aksi daerah menurunkan emisi gas rumah kaca, yaitu  dengan mengembangkan sektor lahan pertanian dan gambut.

Ketua Kelompok Kerja Rencana Aksi Daerah Gas Rumah Kaca, Hadenli Ugihan di Palembang, Rabu, selain juga sektor energi, transportasi dan industri, serta  pengelolaan limbah padat dan cair.

Rencana aksi menurunkan emisi gas rumah kaca harus terus dilanjutkan dan bukan hanya saat dibutuhkan, ujar dia.

Dia mengatakan,  program penurunan emisi tersebut sebagai tolak ukur kinerja pemerintah daerah dalam pencapaian target.

Dalam menurunkan emisi tersebut memang antara lain pencegahan kebakaran hutan dan lahan dengan menekan angka titik api sampai 90 persen terus ditingkatkan.

Dia mengatakan, rencana aksi daerah ini tidak akan sukses tanpa ada keiikutsertaan semua pihak baik pemerintah, organisasi maupun masyarakat.

Sebagai bentuk dukungan, ujar dia, World Agroforestry Centre (ICRAF) bekerja sama dengan mitra konsorsium bersama Pemerintah Provinsi melaksanakan konsultasi publik.

ICRAF sangat mendukung program tersebut karena ajang tersebut sebagai wadah pertemuan lintas sektoral untuk menyamakan pandangan, kata koordinator program LAMA I ICRAF Suyanto.