BIPA Palembang fokus kembangkan industri karet dan kopi

id bipa palembang, industri karet olahan, pabrik karet, kopi olahan, industri kopi olahan, tanaman kopi,karet, pengembangan karet dan kopi, komoditas kar

BIPA Palembang fokus kembangkan industri karet dan kopi

Dokumentasi - Pabrik pengolahan karet (FOTO ANTARA)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Balai Riset dan Standardisasi Industri Palembang (BIPA) fokus pada pengembangan bidang teknologi proses produksi karet dan kopi olahan mengingat wilayah Sumatera Selatan merupakan potensi penghasil terbesar dua komoditas tersebut.

Kepala BIPA Quri Siti Mirah mengatakan BIPA sebagai salah satu Unit Pelayanan Teknis di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian, telah menghasilkan banyak hasil penelitian yang diterapkan industri.

"BIPA turut berupaya menaikkan citra kopi Sumatera Selatan melalui program hilirisasi mengingat Indonesia sebagai produsen kopi terbanyak," kata Quri melalui keterangan resminya yang diterima di Jakarta, Minggu.

Quri  Siti Mirah menyebutkan beberapa hasil riset dari BIPA, di antaranya karet otomotif, aspal berkaret, karet untuk bahan bangunan, karet untuk alat kesehatan dan ban vulkanisir.

Prototipe produk-produk tersebut mempunyai kualitas produk sesuai SNI dengan biaya produksi yang bersaing. BIPA juga akan melakukan sosialisasi SNI kopi.

Menurut dia, dengan kian meningkatnya peran standardisasi dalam industri, maka semakin tinggi pula permintaan layanan jasa sertifikasi dan pengujian.

Untuk menjawab tingginya permintaan tersebut, maka BIPA mengadakan pertemuan bisnis atau "business gathering" beberapa waktu lalu dalam rangka mempromosikan jasa layanan teknis BIPA.

Sejak 37 tahun berdiri, layanan yang tersedia di BIPA antara lain jasa sertifikasi produk, sertifikasi sistem manajemen mutu, jasa pengujian dan pengawasan (laboratorium aneka komoditi, pencemaran, mikrobiologi, dan kalibrasi), jasa rancang bangun atau perekayasaan mesin dan peralatan industri, serta jasa pelatihan.

"Lembaga sertifikasi dan Laboratorium BIPA semua telah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional," kata Quri.

BIPA juga sudah melakukan kontrak kerja sama dengan beberapa perusahaan, lembaga litbang lain, perguruan tinggi, maupun pemerintah daerah lain.

Langkah sinergi ini dalam rangka penumbuhan dan pengembangan industri kecil dan menengah (IKM) berbasis karet alam dan kopi maupun pelaksanaan kegiatan litbang di bidang teknologi proses produksi.

Kerja sama tersebut misalnya dengan perusahaan alat-alat kesehatan, ban "solid tire", aspal berkaret, Universitas Sriwijaya, Politeknik Jambi, Dinas Perindustrian Perdagangan beberapa Kabupaten, Dinas Perkebunan sejumlah kabupaten serta perguruan tinggi swasta dan Lembaga Litbang daerah lain.