Puluhan klub sepeda daftar Tour de Palembang-Bangka

id klub sepeda, daftar tour de palembang-bangka, lomba sepeda, balap sepeda,korem 044 gapo

Puluhan klub sepeda daftar Tour de Palembang-Bangka

Dokumentasi - Sejumlah pebalap sepeda menyusuri Danau Singkarak pada etape kedua Payakumbuh - Danau Singkarak dalam Tour de Singkarak 2013, Sumatera Barat, Senin (3/6). (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 30 klub atau perkumpulan pencinta olahraga sepeda di Palembang dan beberapa daerah Sumatera Selatan lainnya, mendaftarkan anggota mengikuti Tour de Palembang-Bangka, 15-17 Desember 2017.

"Hingga kini ada 30 klub sepeda baik yang tergabung dalam Masyarakat Sepeda Indonesia (MSI) maupun jajaran Korem 044 Garuda Dempo mendaftarkan 5-20 anggotanya mengikuti kegiatan tersebut," kata Sekretaris Panpel Tour de Palembang-Bangka Ahmad Rudi Badaruddin, di Palembang, Sabtu.

Menurut dia, sambutan penggemar olahraga di wilayah provinsi yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 ini sangat luar biasa terhadap Tour de Palembang-Bangka.

Melihat besarnya sambutan masyarakat sepeda itu, panitia optimistis target 500 peserta untuk menyemarakkan ajang tersebut bisa tercapai, ujar Rudi.

Sementara sebelumnya Ketua Panpel/Kasiops Korem 044 Garuda Dempo Mayor Inf Andik Siswanto menjelaskan bahwa kegiatan itu terbuka untuk umum dengan menempuh jalur sepanjang 160 kilometer yang diawali dari kawasan Tanjung Api Api Palembang hingga Pantai Tikus Bangka.

Peserta akan melintasi jalur darat dari Palembang menyeberang laut ke Pulau Bangka menggunakan kapal ferry dari Pelabuhan Penyeberangan Tanjung Api Api ke Pelabuhan Muntok, Bangka dan melanjutkan perjalanan darat ke Pantai Tikus.

Ajang olahraga bersepeda bersama TNI itu digelar dalam rangka memperingati HUT ke-72 Kodam II Sriwijaya, dan mempromosikan Asian Games yang akan digelar di Palembang pada Agustus 2018.

Bagi penggemar olahraga sepeda yang ingin mengikuti Tour de Palembang-Bangka bisa menghubungi panitia pelaksana di Makorem 044 Gapo, di Jalan Jendral Sudirman KM 4 Palembang dengan membayar biaya pendaftaran Rp150.000.

Melalui kegiatan itu diharapkan bisa lebih memasyarakatkan olahraga khususnya bersepeda yang merupakan sarana transportasi rakyat yang ramah lingkungan atau tidak menimbulkan polusi udara.

Selain itu dapat mempererat tali silaturahim antarpenggemar olahraga sepeda di wilayah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung serta menambah keakraban TNI dengan rakyat, ujar dia.