Puskesmas di Palembang rata-rata sudah terakreditasi

id puskesmas, puskesmas palembang terakreditasi, klinik dokter keluarga universitas muhammadiyah, yanti rosita, fakultas kedokteran uinversitas muhammdiy

Puskesmas di Palembang rata-rata sudah terakreditasi

Dokumentasi - Puskesmas (ANTARA Sumsel/Feny Selly/15)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Puskesmas di Kota Palembang rata-rata sudah terakreditasi sehingga tingkat pelayanan kesehatan kepada masyarakat dapat dianggap sudah baik, kata Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang, Yanti Rosita.

"Tingkat kesehatan masyarakat di Palembang rata-rata sudah cukup bagus dengan capaian yang menurut saya juga sudah bagus, karena puskesmas kita juga sudah baik semua dan rata-rata sudah terakreditasi artinya pelayanannya sudah baik," katanya pada peresmian Klinik Dokter Keluarga Universitas Muhammadiyah Palembang, Kamis.

Ia menyatakan selama ini pihaknya baik oleh dosen maupun mahasiswa rutin melakukan pengabdian kepada masyarakat di sekitar fakultas kedokteran.

Diakuinya, di sekitar kampus terebut tingkat kesehatan masyarakatnya masih belum memuaskan, sehngga perlu peningkatan, antara lain denganh memberikan tempat pelayanan yang mudah dijangkau oleh warga, ujarnya.

Ia menyatakan, dengan adanya klinik dokter keluarga ini, warga masyarakat lebih cepat mendapatkan pelayanan, dan klinik juga dapat cepat memberikan rujukan ke rumah sakit Muhammadiyah Palembang.

Sementara mengenai tingkat kesadaran masyarakat yang masih kurang, ia menyampaikan bahwa penyebabnya banyak faktor, bisa karena kurang pengetahuan mereka.

Pihaknya, karena itu, menyiapkan ruang serbaguna di lantai tiga untuk kegiatan penyuluhan.

Nanti, ada kegiatan rutin oleh mahasiswa mengajak masyarakat sekitar untuk penyuluhan misalnya kalau di klinik dokter keluarganya pasiennya sedang ramai menunggu, maka bisa diajak ke lantai tiga di sana ada sarana untuk penyuluhan.

Jadi, lanjutnya satu karena pengetahuannya masih kurang tentang kesehatan, tapi juga bisa karena faktor ekonomi.