Korem Garuda Dempo siap bantu cegah Karhutla

id Garuda Dempo, Korem 044, mengantisipasi kebakaran hutan, cegah Karhutla, pencegahan karhutla, kebakaran hutan dan lahan

Korem Garuda Dempo siap bantu cegah Karhutla

Prajurit TNI AD Korem 044/Garuda Dempo (ANTARA Sumsel)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Jajaran Korem 044/Garuda Dempo siap membantu mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan bila terjadi di Provinsi Sumatera Selatan terutama menjelang Asian Games 2018.

Kepala Staf Korem 044/Garuda Dempo Letkol Inf M Sjahroni, di Palembang, Rabu, mengatakan anggotanya telah melaksanakan pelatihan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumsel.

Kegiatan pelatihan penanggulangan bencana tersebut bertujuan agar lebih cepat dalam menanggulangi bila terjadi bencana di daerah ini seperti kebakaran hutan dan lahan.

Pelatihan juga diiikuti unsur terkait lainnya, seperti Kesehatan Kodam, Perbekalan, dan Kodim serta Manggala Agni, ujar dia.

Pelatihan penanggulangan bencana itu penting, mengingat Sumsel rawan mengalami bencana seperti kebakaran hutan dan lahan, ujar Kasrem Garuda Dempo itu pula.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumsel Iriansyah mengatakan, bencana alam tidak tahu kapan akan datang dan kepada siapa bencana itu akan melanda.

Bencana datang dengan tiba-tiba yang dapat menimbulkan kerugian tidak sedikit baik materi maupun yang lainnya bahkan sampai korban jiwa, ujar dia lagi.

Karena itu, pelatihan yang dilaksanakan Korem 044/Garuda Dempo itu supaya mendorong semua pihak lebih cepat dalam membantu bila terjadi bencana alam terutama kebakaran hutan dan lahan.

Dia mengatakan, apabila datang bencana maka semua bisa cepat bertindak, sehingga korban bisa diminimalkan sekecil mungkin.

Kasi Ops Korem 044/Garuda Dempo Mayor Inf Andik Siswanto mengatakan, bantuan penanggulangan bencana alam ada tahapan yang harus dilalui, yaitu tahapan sebelum bencana dengan organisasi harus terbentuk dan para personel mengerti prosedur tetap (protap) serta aturan main dalam penanggulangan bencana alam itu sendiri.

Tahap berikutnya harus mengetahui betul situasi tanggap darurat pada saat kejadian bencana alam dan adanya penilaian terhadap eskalasi kejadian, kalau eskalasi bencana alam itu sifatnya rendah, daerah itu mampu melaksanakan penanggulanngan, ujar dia.

"Korem 044/Garuda Dempo bersama jajaran siap mengantisipasi dan membantu menanggulangi dampak bencana bersama pemerintah daerah," katanya lagi.