Uji pertandingan takraw Asian Games di Palembang

id takraw, uji coba pertandingan, test event, Asian Games, Abdul Halim

Uji pertandingan takraw Asian Games di Palembang

Dokumentasi- pertandingan sepak takraw. (ANTARA/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 10 negara mengikuti uji pertandingan (test event) Asian Games cabang olahraga sepak takraw di Gedung Olahraga Kompleks Olahraga Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan, 28 November-2 Desember 2018.

Presiden Asian Sepaktakraw Federation (Astaf) Abdul Halim, di Palembang, Selasa, mengatakan negara-negara yang siap mengikuti uji tanding takraw itu, di antaranya Singapura, Malaysia, Iran, Korea, China, Tiongkok, Jepang, dan Indonesia.

"Korea dan China sudah tiba di Palembang tadi malam," kata Abdul Halim.

Ia mengatakan kendati proses pembangunan dan renovasi fasilitas dan arena pertandingan (venue) masih berlangsung, tapi ajang uji tanding itu bisa dilaksanakan karena sebenarnya Kompleks Olahraga Jakabaring Palembang sudah sangat memadai digunakan.

"Saya yakin Sumsel pasti bisa menjadi tuan rumah yang sukses saat Asian Games nanti, karena sudah berpengalaman menggelar kegiatan SEA Games dan lainnya. Untuk test event, sudahlah tentu dapat terlaksana dengan baik," kata Abdul Halim pula.

Ketua Pengurus Besar Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PB PSTI) Asnawi A Rahman, didampingi Kabid Hubungan Luar Negeri PB PSTI Islah Taufik mengatakan, selain menyiapkan penyelenggaraan uji pertandingan, organisasi juga menyiapkan tim nasional yang bakal diturunkan pada ajang ini.

"Timnas baru saja mengikuti uji coba di Taiwan dalam pertandingan ekshibisi. Tim ini akan melanjutkan ke kejuaraan internasional di India pada 2 November 2017, dan pulang dari India, akan lanjut Test Event Asian Games 2018 di Palembang," kata dia lagi.

Terkait pengerjaan venue, Tazril Rusdi selaku pelaksana dari Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sumsel menyebutkan ada dua venue yang diupgrading, yakni GOR Dempo dan GOR Ranau.

"GOR Dempo Untuk lapangan pemanasan, sedangkan GOR Ranau untuk pertandingan, sifatnya diupgrading saja, Ranau ada pergantian atap, dicat dinding dan merapikan interior termasuk toiletnya," kata dia.

Provinsi Sumsel selaku tuan rumah Asian Games telah menggelar uji tanding sejak awal tahun, dimulai dari cabang olahraga triathlon, voli pantai, tenis lapangan yang sedang berlangsung, dan menyusul sepak takraw dan menembak.

Sekjen PSTI Sumsel Islah Taufik sekaligus Manajer Venue mengatakan tim takraw Indonesia akan diperkuat oleh sembilan atlet, yakni dari Jakarta, Jabar, Gorontalo, Jatim, Riau, dan Sulawesi Selatan.