Kabupaten OKU kekurangan ratusan guru

id oku kekurangan ratusan guru, guru, cpns, rekrutmen guru, bupati oku, kuryana azis, pemkab oku

Kabupaten OKU kekurangan ratusan guru

Bupati OKU Kuryana Azis (ANTARA Sumsel/Edo Purmana/17)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, hingga saat ini masih kekurangan ratusan tenaga guru berstatus Pegawai Negeri Sipil sehingga dinilai perlu rekrutmen CPNS.

Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Kuryana Azis di Baturaja, Senin mengatakan bahwa untuk memenuhi kekurangan itu pemerintah daerah setempat sudah mengajukan usulan ke Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) untuk melakukan pengrekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di wilayah itu.

"Kita masih kekurangan tenaga guru, namun untuk penerimaan CPNS bukan wewenang pemerintah daerah melainkan kewenangan MenPAN-RB," katanya.

Kekurangan tenaga guru ini kata Bupati, bukan hanya terjadi di OKU melainkan beberapa wilayah di Indonesia mengalami hal sama.

Menurut dia, hal tersebut wajar terjadi karena seperti di OKU ini sudah empat tahun di moratorium penerimaan CPNS, sedangkan setiap tahunnya ada ratusan guru yang pensiun.

"Oleh karena itu inisiatif kami mengajukan rekrutmen CPNS untuk di Kabupaten OKU. Sudah lama kami ajukan ini ke Menpan," katanya.

Piaknya juga mengajukan usulan untuk penerimaan CPNS tenaga teknis, kesehatan dan lainnya sesuai kebutuhan yang mencapai ribuan CPNS untuk wilayah OKU.

"Dikabulkan atau tidak itu bukan wewenang kami melainkan wewenang pihak pemerintah pusat," ujarnya.

Saat ditanya apakah mendekati akhir tahun 2017 sudah bisa melakukan penerimaan CPNS, Kuryana menjelaskan, rasanya hal itu tidak mungkin.

"Namun untuk 2018 kemungkinan itu bisa saja ada. Kami hanya bisa berharap dan menunggu persetujuan dari pusat," jelasnya.