Kontingen OKU raih 18 medali Porprov Sumsel

id kontingen oku raih 18 medali porprov, porprov sumsel, kontingen porprov oku, oku masuk 7 besar porprov sumsel

Kontingen OKU raih 18 medali Porprov Sumsel

Dokumentasi - Pembukaan Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Selatan X di Stadion Petanang Kota Lubuklinggau (Foto Humas Pemprov Sumsel)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Kontingen atlet Kabupaten Ogan Komering Ulu meraih sebanyak 81 medali pada Pekan Olahraga Provinsi Sumsel 2017 dan masuk tujuh besar pada ajang kejuaraan tersebut.

"Ke 81 medali yang diraih atlet OKU yakni 25 emas, 25 perak dan 31 perunggu," kata Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Ogan Komering Ulu Edi Jaya Saleh melalui Humas Armizi di Baturaja, Senin.

Dia menjelaskan, cabang olahraga yang paling banyak menyumbang medali tersebut adalah atlet wushu yang merebut enam?medali emas, empat perak dan tiga perunggu.

Selanjutnya diposisi kedua kempo menyumbang lima medali emas, tiga perak, tiga perunggu, dan cabang panahan empat emas, empat perak dan tiga perunggu.

"Total ada 14 cabang olahraga yang sukses menyumbangkan medali buat OKU," ungkap Armizi.

Sementara delapan cabang olahraga lainnya yakni sepak bola, karate, futsal, catur, bulu tangkis, voli, renang, dan basket gagal menyumbangkan medali pada Porprov tersebut.

"Pada delapan cabang itu tak satupun berhasil meraih medali dan ini akan menjadi evaluasi kami ke depan," katanya.

Akan tetapi secara umum, kata dia, Kota Palembang sebagai tuan rumah sukses memimpin klasmen sebagai juara umum dengan 99 medali emas dan diikuti Kabupaten Muba 91 medali emas.

Pada Porprov XI yang baru saja usai awalnya digelar di Kabupaten Muaraenim, namun karena ketidaksiapan pendanaan sebagai tuan rumah, akhirnya Porprov XI digelar oleh KONI Sumsel di Palembang yang diikuti 27 cabang olahraga, ujarnya.