Mahasiswa kreasikan daun gaharu menjadi es krim

id es krim, daun gaharu, es krim rasa baru, Ice Cream House Antioksidan, antioksidan, mencegah stress, mengurangi kolesterol

Mahasiswa kreasikan daun gaharu menjadi es krim

Dokumentasi- Es krim (ANTARA)

Pontianak (ANTARA Sumsel) - Mahasiswa Politeknik Negeri Pontianak, Kalimantan Barat, Aris Munandar mengkreasikan daun gaharu sebagai salah satu bahan dalam membuat es krim.

"Kita manfaatkan daun gaharu karena selama ini tidak dimanfaatkan, selain itu juga bisa membantu perekonomian petani," kata Aris di Pontianak, Jumat.

Aris menamakan produknya dengan nama "Ice Cream House Antioksidan" karena daun gaharu diketahui memilikk manfaat untuk kesehatan tubuh seperti antioksidan,  mencegah stress, mengurangi kolesterol dalam darah dan lainnya.

Produknya menjadi salah satu peserta dalam Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI)  VIII 2017 yang digelar di Pontianak. Dengan produknya itu juga ia memenangkan program mahasiswa wirausaha muda mandiri pada 2017 di Banjarmasin.

Aris memilih membuat produk es krim karena hampir semua orang menyukai es krim termasuk anak-anak. Ditambah lagi dengan adanya kandungan daun gaharu yang memberi manfaay kesehatan.

Ia mengaku memulai berwirausaha pada 2015 dengan memproduksi es krim dengan bahan biasa seperti susu, gula dan bahan lainnya.

Baru pada setahun terakhir ia memanfaatkan daun gaharu sebagai campuran bahan es krim. Daun gaharu dikeringkan dan menjadi bubuk serta berbau seperti teh hijau.

Daun gaharu tersebut didapat dari petani dengan membeli seharga Rp600 ribu per untuk setengah kilogram daun.

Menurut dia,  selama ini daun  gaharu tidak dimanfaatkan sementara petani hanya menggunakan resin yang dihasilkan dari batang gaharu. Resin tersebut baru didapat setelah menunggu 20 tahun.

"Dari pada terbuang percuma, lebih baik daunnya dimanfaatkan dan bisa membantu perekonomian petani," katanya.

Secara tekstur, penambahan daun gaharu dalam es krim tidak mengubah rasa es krim tersebut.  

Es krim antioksidan dijual dengan harga yang terjangkau berkisar antara Rp10.000-Rp12.000 per porsi. Diawal produksi ia hanya menjual melalui pesanan dan media sosial namun saat ini lebih banyak mengisi acara-acara seperti perkawinan dan lainnya.