Dishub Sumsel ujicoba LRT April 2018

id lrt. kereta api ringan, ujicoba lrt, dishub susmel ujicoba lrt, april ujicoba lrt, kereta api

Dishub Sumsel ujicoba LRT April 2018

Aktivitas pembangunan proyek Light Rail Transit (LRT) atau kereta api ringan di salah satu zona pembangunannya di Palembang, Sumatera Selatan,Senin (18/10). (ANTARA Sumsel/Feny Selly/Ang/17)

...Berdasarkan perkembangan pembangunan dan pemasangan jalur rel LRT, sarana transportasi massal itu bisa diujicoba empat bulan sebelum pelaksanaan Asian Games...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Dinas Perhubungan Sumatera Selatan memprediksikan ujicoba kereta api ringan atau "Light Rail Transit-LRT" di Kota Palembang bisa dilakukan pada April 2018.

Berdasarkan perkembangan pembangunan dan pemasangan jalur rel LRT yang pada akhir November 2017 ini mencapai 80 persen, sarana transportasi massal itu bisa diujicoba empat bulan sebelum pelaksanaan Asian Games, kata Sekretaris Dinas Perhubungan Sumatera Selatan Uzirman pada acara penerbangan perdana pesawat Scoot rute Palembang-Singapura, di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Kamis.

Menurut dia, jalur LRT sebagian besar telah terhubung, sekarang ini tinggal melakukan pemasangan dan penyetelan rel kereta dan penyelesaian dinding pagar.

Melihat perkembangan pembangunan fisik jalur LRT tersebut, pihaknya optimistis proyek tersebut bisa selesai tepat waktu sesuai dengan jadwal yang dijanjikan kontraktor pelaksana, katanya.

Dia menjelaskan, setelah pekerjaan fisik tersebut selesai, pihaknya akan mendorong pihak kontraktor menyelesaikan pemasangan rel LRT dan stasiun untuk menaik dan menurunkan penumpang.

Khusus pemasangan rel sekarang ini telah selesai dikerjakan beberapa kilometer, begitu pula stasiunnya sedang dilakukan pemasangan atap dan penyelesaian sejumlah fasilitas umum, kata Sesdishub.

Sementara Gubernur Sumsel Alex Noerdin menjelaskan bahwa pembangunan jalur LRT di Palembang mencapai 23,4 kilometer yang terdiri atas dua koridor menuju kompleks olahraga Jakabaring.

Koridor pertama mulai dari badar udara internasional Sultan Mahmud Badaruddin II hingga Masjid Agung SMB II / kawasan pasar 16 Ilir, sedangkan koridor kedua dari Masjid Agung menuju pusat tempat pertandingan Asian Games di kawasan Jakabaring.

Jalur LRT sepanjang 24,5 km itu memiliki 13 stasiun atau tempat pemberhentian dari bandara hingga ke Jakabaring dengan menelan dana sekitar Rp10,9 triliun, kata Alex.