Kawasan khusus TAA Sumsel dorong perekonomian daerah

id tanjung api-api, taa, kawasan Kek, kawasan tanjung api-api, ekspor dan impor, wagub, ishak mekki, pelabuhan boom baru, pelabuhan

Kawasan khusus TAA Sumsel dorong perekonomian daerah

Dokumentasi - Aktivitas terminal konvensional nonpeti kemas di Pelabuhan Boom Baru Palembang (ANTARA Sumsel/13/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki mengatakan, kawasan ekonomi khusus Tanjung Api Api, Kabupaten Banyuasin akan mendorong percepatan pertumbuhan perekonomian daerah ini.

Sebab kawasan Tanjung Api Api akan dibangun berbagai proyek besar dan industri hilirisasi memanfaatkan potensi sumber daya alam daerah, kata Wagub Ishak Mekki di Palembang, Kamis.

Menurut dia, areal tersebut juga telah ditetapkan sebagai kawasan ekonomi khusus yang saat ini sedang menyelesaikan ganti rugi lahan masyarakat.

"Jadi melihat potensi tersebut maka perekonomian Sumsel akan meningkat," ujar dia.

Dia mengatakan,  dengan adanya kawasan tersebut juga akan menampung tenaga kerja atau membuka lapangan kerja baru di Sumatera Selatan.

Sehubungan dengan itu pihaknya akan terus mendorong supaya proyek di kawasan tersebut segera terwujud, meski pemerintah provinsi telah membangun sejumlah infrastruktur pendukung di kawasan yang akan dijadikan pintu gerbang ekspor dan impor daerah ini.

Kawasan TAA ini juga telah dibangun pelabuhan penyeberangan menuju Bangka Belitung yang selama ini telah diprogramkan Pemerintah Provinsi Sumsel.

Khusus untuk kawasan ekonomi khusus yang akan dibangun pabrik termasuk hilirisasi potensi daerah, ujar Wagub.

Dia mengatakan, selain itu sudah ada investor yang siap mengembangkan kawasan tersebut.

Pihaknya minta agar semua pihak mendorong pembangunan tersebut supaya perekonomian daerah ini semakin meningkat, tambah dia.