KPU berharap partisipasi pemilih lebih 77 persen

id Komisi Pemilihan Umum, kpu palembang, maskot pilkada palembang, Syarifu din, partisipasi pemilih

KPU berharap partisipasi pemilih lebih 77 persen

Komisioner KPU Palembang Abdul Karim saat penerimaan berkas pendaftaran PPK dan PPS. (ANTARA Sumsel/Susilawati/Ang/17)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Komisi Pemilihan Umum Kota Palembang berharap tingkat partisipasi pemilih pada pilkada wali kota dan wakil wali kota pada tahun 2018 bisa di atas 77 persen.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Palembang Syarifudin di Palembang, Kamis mengatakan, pihaknya ingin tingkat partisipasi pemilih nanti bisa melebihi target nasional 77 persen. Namun untuk mencapai itu perlu  gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan kelompok-kelompok tertentu.

"Kami juga melakukan perlombaan seperti cerdas cermat yang sasarannya pemilih pemula yang diharapkan bisa meningkatkan partisipasi pemilih," katanya.

Ia mengatakan, pemilih pemula itu pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota 2018 diperkirakan sekitar 30 persen.

Karena itu lanjutnya, pihaknya merencanakan sosialisasi pilkada ke sekolah-sekolah, kemudian masyarakat seperti TNI/Polri yang sudah pensiun.

"Kami juga mengharapkan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang berlatar belakang guru untuk mendekati sekolah-sekolah guna sosialisasi pilkada Palembang," katanya.

Ia menyampaikan, pihaknya bertekad pada pilkada Palembang nanti tingkat partisipasi pemilih bisa melebihi angka 77 persen itu.

Pilkada serentak 2018 akan diikuti sembilan kabupaten dan kota di Sumsel serta ditambah pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan.