Menpan berjanji penerimaan CPNS transparan

id menpan rb, asman abnur, menpan janji penerimaan cpns transparaan, cpns, pns, pegawai negeri sipil

Menpan berjanji penerimaan CPNS transparan

Dokumentasi - Tes CPNS. (ANTARA FOTO/Saiful Bahri)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur menyatakan penerimaan pegawai negeri sipil akan dilaksanakan secara transparan dan hasil yang diterima berdasarkan ranking.

"Nantinya pegawai yang diterima berdasarkan kemampuan bukan karena ada orang dalam," kata menteri usai berbicara pada Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi di Palembang, Rabu.

Menurut dia, sistem penerimaan CPNS nanti setelah tes langsung hasilnya dapat diketahui peserta karena akan dilaksanakan secara terbuka.

Kesemuanya itu dilakukan untuk mendapatkan pegawai berkualitas yang mampu melayani masyarakat secara maksimal, ujar dia.

Selain itu penerimaan berdasarkan kebutuhan dan bidang yang jumlah pegawainya sedikit.

Dia mengatakan, penerimaan secara terbuka itu karena pegawai negeri untuk melayani masyarakat dan bukan sekadar datang dan absen.

Jadi pegawai nanti harus memiliki program yang dilaksanakan setiap hari, kata menteri.

Selain penerimaan yang transparan pihaknya juga akan memperbaiki pelatihan dalam Diklat.

Perbaikan sumber daya manusia di pemerintahan tersebut supaya pegawai negeri tidak kalah dengan pegawai swasta, ujar dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, selama ini pegawai negeri selalu dianggap kalah dalam pelayanan dengan perusahaan dan BUMN.

Kesan itu harus diperbaiki yang antara lain menerima pegawai berkualitas, tambah dia.