Menpan: Humas harus lebih kreatif sampaikan informasi

id menpan rb, asman abnur, humas harus berperan, humas sampaikan informasi publik, media sosial, humas berinovasi

Menpan: Humas harus lebih kreatif sampaikan informasi

Dokumentasi - Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (Menpan RB) Asman Abnur (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

....Walaupun pesan yang disampaikan bermutu dan benar namun bila tidak sampai pada masyarakat itu akan sia-sia....
Palembang (ANTARA Sumsel) - Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mengatakan, hubungan masyarakat di pemerintahan harus lebih kreatif dalam menyampaikan informasi agar pesan yang disampaikan diterima masyarakat.

Apalagi sekarang ini banyak media sosial yang diakses dan dimiliki masyarakat sehingga dalam menyampaikan informasi bila tidak punya inovasi akan ditinggal, kata Menpan saat menghadiri Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi dilaksanakan Kementerian Informasi dan Komunikasi di Palembang, Rabu.

Oleh karena itu informasi yang disampaikan harus memiliki seni tersendiri supaya masyarakat membaca apa yang disampaikan.

Dia mengatakan, selain itu informasi jangan kaku dan tidak perlu lagi menunggu instruksi atasan.

Memang, lanjut dia, dalam menyampaikan pesan maka sumber daya manusia yang ada harus berkualitas serta profesional.

Apalagi sekarang ini banyak berita bohong yang kadang - kadang langsung diterima masyarakat, ujar dia.

Sehubungan dngan itu pihak pemerintah harus mengantisipasi permasalahan tersebut melalui penyampaian pesan yang lebih kreatif.

Walaupun pesan yang disampaikan bermutu dan benar namun bila tidak sampai pada masyarakat itu akan sia-sia,  kata menteri.

Lebih lanjut dia mengatakan, apalagi dalam era reformasi sekarang ini informasi tidak dapat dibatasi sehingga bila tidak ada inovasi maka pesan pembangunan akan ditinggalkan masyarakat.

Melalui Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi ini diharapkan humas pemerintah semakin maju.

Bahkan dengan adanya pertemuan utusan dinas informasi dan komunikasi se-Indonesia ini diharapkan berita bohong dapat dicegah, kata dia.

Namun kuncinya informasi dari pemerintah harus terus disampaikan dan diperbanyak sampai pada publik, tambah dia.