BMKG: Seluruh wilayah Sumsel berpeluang hujan

id bmkg, hujan, sumsel hujan, wilayah sumsel berpeluang hujan, semua wilayah sumsel hujan

BMKG: Seluruh wilayah Sumsel berpeluang hujan

Dokumentasi - Data dan gambar kondisi cuaca melalui pantauan satelit. (ANTARA Sumsel/14/Yudi Abdullah)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprakirakan cuaca di seluruh wilayah Provinsi Sumatera Selatan yang memiliki 17 kabupaten dan kota itu berpeluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. 

"Hari ini sembilan kota berpeluang turun hujan ringan dan delapan kota lainnya berpeluang hujan dengan intensitas curah hujan sedang," kata Staf BMKG Stasiun Klimatologi Kenten Dara Kasihairani, di Palembang, Rabu.

Dia menjelaskan, pada November ini, wilayah Sumsel diprakirakan terjadi peningkatan curah hujan karena memasuki puncak musim hujan.

Hujan yang turun dalam beberapa hari terakhir berpeluang terus terjadi pada siang dan malam hari dengan intensitas curah hujan yang tinggi hingga 400 mm.

Melihat kondisi cuaca terdapat banyak hujan dengan intensitas yang tinggi, masyarakat yang berada di daerah rawan bencana banjir dan tanah longsor diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi kemungkinan terjadinya bencana itu, katanya.

Menurut dia, dalam kondisi puncak musim hujan sekarang ini, potensi banjir dapat terjadi di Kota Palembang, dan daerah lain di sekitar aliran sungai seperti Muaraenim, Empat Lawang, Musirawas, Lahat, Musirawas Utara, Musi Banyuasin, Banyuasin, dan Ogan Ilir.

Sedangkan bencana tanah longsor berpotensi terjadi di bagian barat Sumatera Selatan yakni Lahat, Pagaralam, Empat Lawang, Musirawas, Ogan Komering Ulu Selatan, serta sebagian Ogan Komering Ulu dan Muaraenim, kata Dara.