Asian Games XVIII ajang pelatihan mahasiswa poltek olahraga

id poltek olahraga indonesia, mahasiswa politknik olahraga, asian games xviii, ajang prestasi, ajang latihan, atlet

Dokumentasi- Tim atletik Indonesia sabet tiga emas POM ASEAN di Palembang, Senin (ANTARA Sumsel/14/Deden)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Raden Ananta mengatakan, Asian Games 2018 akan dijadikan ajang pelatihan bagi mahasiswa Politeknik Olahraga Indonesia supaya mereka lebih memahami tentang pengembangan olahraga.

"Mahasiswa nantinya akan belajar tata cara pengelolaan dan pengembangan olahraga melalui pelaksanaan olahraga internasional mendatang," kata Deputi usai peresmian dan kuliah umum Poltek Olahraga Indonesia di Palembang, Selasa.

Ia mengatakan Asian Games akan dijadikan laboratorium bagi mahasiswa yang belajar di Poltek Olahraga Indonesia tersebut.

Nantinya mereka dapat menjadi penghubung dan panitia atau tata cara pencatatan nilai termasuk pemberian gizi dalam penyelenggaraan pesta olaraga bertaraf internasional mendatang.

Jadi Asian Games dapat dijadikan modal untuk memacu diri supaya ke depan mahasiswa lebih mengerti mengenai olahraga apalagi bertaraf internasional, ujar dia.

Oleh karena itu pesta olahraga internasional mendatang akan dijadikan tempat berlatih bagi mahasiswa baru Poltek Olahraga Indonesia, kata dia.

Apalagi perkulihan di Poltek selain teori juga praktek di lapangan yang salah satunya memanfaatkan pesta olahraga akbar mendatang. 

Poltek olahraga yang pertama berdiri di Indonesia tersebut berada di kawasan Jakabaring Palembang yang dilengkapi fasilitas yang bertaraf internasional.

Dia mengatakan, dengan bermodalkan itu maka pihaknya merasa optimistis Poltek tersebut dapat melahirkan sumber daya manusia untuk menciptakan atlet berpretasi internasional.

Sementara Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, berdirinya Poltek Olahraga Indonesia itu karena daerah ini sukses menjadi tuan rumah SEA Games 2011.

Dengan keberhasilan menyelenggarakan olahraga berskala internasional maka Pemerintah Pusat mendirikan Poltek di Jakabaring Palembang, ujar gubernur. 

Gubernur juga minta agar mahasiswa dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan olahraga terutama Asian Games 2018, tambah dia.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar