Pria Filipina ditangkap karena menolak berdiri buat lagu nasional

id filipina, hormat bendera, berdiri, lagu kebangsaan, lagu nasional filipina, Bayle Einstein Gonzales, pelanggaran Flag and Heraldic Code

Bendera Filipina. (Wikimedia Commons)

Manila, Filipina (Antara/Xinhua-OANA) - Polisi Filipina telah menangkap seorang lelaki Filipina yang berusia 20 tahun karena ia menolak untuk berdiri saat lagu nasional negeri itu dikumandangkan di satu gedung bioskop, demikian laporan media pada Ahad (19/11).

Penangkapan itu berpangkal dari keluhan Diplomat Filipina Elmer Cato, yang juga berada di gedung bioskop tersebut di Kota Angeles, Pampanga, sebelah utara Ibu Kota Filipina, Manila, untuk nonton film Justice League.

Polisi mengidentifikasi lelaki yang ditangkap tersebut adalah Bayle Einstein Gonzales, demikian laporan Xinhua yang dipantau Antara di Jakarta, Senin siang. Ia akan didakwa karena melakukan pelanggaran Flag and Heraldic Code di Filipina dan bisa didenda mulai dari 5.000 peso (sebanyak 100 dolar AS) sampai 20.000 peso (sekitar 400 dolar AS) serta dijebloskan ke dalam penjara selama satu tahun.

Cato, Kuasa Usaha untuk Irak, menulis di laman Facebooknya pada Sabtu bahwa Gonzales tak mengacuhkan dia dua kali ketika ia meminta pria tersebut untuk berdiri.

Ia berkata, "Darah saya benar-benar mendidih. Saya sangat terguncang sehingga saya tak bisa benar-benar menikmati film. Saya harus berbuat sesuatu untuk memberi orang Filipina ini pelajaran. Dan saya melakukannya."

Penerjemah: C003/Chaidar

Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar