Pemkot Palembang tingkatkan jam operasional Puskesmas

id puskesmas, pemkot tingkatkan jam operasional puskesmas, pelayanan kesehatan, pelayanan puskesmas 24 jam, sekda kota palembang,harobinmustafa

Pelayanan Kesehatan Masyarakat (Pusakesmas). (ANTARA Sumsel/Feny Selly/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, berupaya meningkatkan jam operasional fasilitas kesehatan tingkat pertama atau puskesmas untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

"Jam operasional beberapa puskesmas di sekitar kawasan permukiman penduduk dalam waktu dekat akan ditingkatkan dari jam kerja normal menjadi 24 jam," kata Sekda Palembang Harobin Mastofa, di Palembang, Senin.

Menurut dia, pelayanan kesehatan masyarakat di kota ini akan ditingkatkan, sehingga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara maksimal pada fasilitas kesehatan tingkat pertama itu.

Untuk memberikan pelayanan kesehatan selama 24 jam, sekarang ini sedang disiapkan sekitar 12 dari 40 puskesmas yang berada di daerah strategis secara bertahap, katanya.

Dia menjelaskan, selain itu, untuk menghadapi Asian Games 2018, pihaknya mendorong Dinas Kesehatan Kota Palembang, secara bertahap meningkatkan kualitas 40 puskesmas yang tersebar di belasan kecamatan dalam wilayah kota ini.

Untuk meningkatkan kualitas puskesmas setahun terakhir dilakukan akreditasi dan mendorong sistem manajemen mutu pengelolaannya berstandar ISO (International Standars Organization).

Dengan kualitas yang baik dan memenuhi standar internasional, diharapkan jika ada masalah gangguan kesehatan ringan menimpa atlet, para pendamping dan tamu undangan dari berbagai negara di kawasan Asia itu dapat ditangani oleh tim medis puskesmas.

Dengan pelayanan maksimal diharapkan masyarakat dan tamu Asian Games yang membutuhkan penanganan medis tingkat pertama cukup di puskesmas saja, kata Harobin.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar