Pembelian kendaraan baru di OKU menurun 50 persen

id mobil, pembelian kedaraan roda empat menurun, beli mobil menurun dampak harga karet turun, mobil, rental mobil, dealer mobil, kendaraan baru, showroom

Pembelian kendaraan baru di OKU menurun 50 persen

Ilustrasi (ANTARA Sumsel/13/Awi/Aw)

Baturaja  (ANTARA Sumsel) - Pembelian atau pertumbuhan kendaraan baru jenis roda empat di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan pada 2017 berdasarkan data Satlantas Polres setempat mengalami penurunan hingga 50 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU), AKBP NK Widayana Sulandari melalui Kasat Lantas, AKP Chandra Kirana SIk di Baturaja, Minggu mengatakan bahwa penurunan pertumbuhan itu terlihat dari jumlah pendaftaran baru kendaraan di Satlantas setempat sejak beberapa bulan terkahir. 

"Kalau dilihat dari pendaftaran baru yang ada pertumbuhan kendaraan di OKU secara umum khusunya jenis roda empat mengalami penurunan mencapai 500 unit perbulan," katanya.

Kasat menjelaskan, jika biasanya pertumbuhan atau penambahan kendaraan baru tersebut mencapai 1.000 unit perbulan, namun sejak beberapa bulan terakhir hanya 500-600 unit setiap bulannya.

Hal tersebut kata dia, kemungkinan disebabkan turunnya harga getah karet yang berdampak terhadap perekonomian masyarakat di wilayah itu.

"Kalau saya melihatnya dari jumlah pertumbuhan kendaraan baru menurun seperti ini bisa dikatakan perekonomian masyarakat lagi menurun," katanya.

Ia menambahkan, penambahan 500-600 unit kendaraan baru perbulan di wilayah itu dinilai tidak sebanding pertumbuhan ruas jalan. 

"Kita bisa lihat sendiri bagaimana kondisi ruas jalan. Menurut saya tidak sebanding dengan pertumbuhan kendaraan roda empat yang baru perbulannya," ujarnya.